Khamis, 20 September 2012

detikcom

detikcom


25 Persen Suara Mengambang PKS Penyumbang Suara Jokowi

Posted: 20 Sep 2012 01:25 PM PDT

Jumat, 21/09/2012 03:23 WIB

Prins David Saut - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung pasangan calon gubernur Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli pada putaran ke dua pilgub DKI Jakarta. Namun berdasarkan hasil perhitungan quick count, pasangan tersebut kalah. Bagaimana dukungan PKS?

"Kita belum lihat penghitungan suara real utamanya, tapi ya kita yakini bahwa di survei-survei kita solid. Tapi massa mengambang kita ada yang ke Jokowi sekitar 25 persen," kata Wakil Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat, Yudi Widiana Adia kepada detikcom, Kamis (20/9/2012).

Yudi menjelaskan suara PKS mengambang tersebut bukan anggota partai mereka. Suara tersebut lebih didominasi oleh para pemilih muda yang menginginkan adanya perubahan di Jakarta.

"Bukan anggota, kecenderungannya usia antara usia muda 30-40 tahun itu ke Jokowi. Jadi lebih kepada mereka yang ingin perubahan ini, yang sudah merasakan dinamika kehidupan Jakarta ingin adanya perubahan. Tapi yang konstituen partai mengikuti arahan semua," ujar Yudi.

Menurut Yudi, suara massa mengambang PKS terpengaruh oleh informasi seputar pilgub DKI Jakarta 2012 yang beredar melalui berbagai media. "Kalau massa mengambang itu kan massa yang terpengaruh pemberitaan, bagi kita itu tidak pernah ditanggap sebagai suara yang fix. Jadi suara yang bisa lari kemana saja," terangnya.

Walau begitu, Yudi menilai suara anggota PKS di Jakarta masih mampu menyamai jumlah suara PDIP di Jakarta. Para anggota PKS sendiri melihat dua pasangan calon gubernur pilgub DKI Jakarta berdasarkan perubahan yang ingin dirasakan.

"Untuk DKI, suara kita masih kejar-kejaran dengan PDIP, jadi kita masih kokoh untuk partai. Massa PKS menganggap Foke dan Jokowi bukan PKS, jadi mereka lebih berharap pada perubahan," ujar Yudi.

Yudi pun menanggapi hasil quick count sebagai hasil sementara dengan metode penelitian, namun hasil KPU DKI Jakarta tetap ditunggu oleh PKS. "Kalau quick count kan metode ilmiah, jadi saya bisa memahami cara-cara itu. Dan apa yang dihasilkan oleh quick count tidak akan persis seperti hasil sesungguhnya," tutup Yudi.

(vid/rmd)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Sponsored Link

Jokowi Tegaskan Komitmen Tak Pakai Pengawal Jika Jadi Gubernur DKI

Posted: 20 Sep 2012 01:05 PM PDT

Jumat, 21/09/2012 03:05 WIB

M Rizki Maulana - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut akan tetap pada komitmennya diawal masa kampanye. Komitmen tersebut adalah tak menggunakan pengawal apabila menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Tidak pakai pengawalan," ucap Jokowi di Posko Pemenangan Jokowi-Ahok, Jalan Borobudur No 22, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2012).

Menurut Jokowi, penggunaan pengawalan bukanlah gayanya. Dia menambahkan gaya tersebut kemungkinan besar juga akan diikuti oleh wakilnya Ahok.

"Bukan gaya saya pakai pengawalan seperti itu. Mas Basuki juga saya rasa seperti itu," terangnya.

Sebelumnya, pada masa kampanye, salah satu janji duet Jokowi-Ahok adalah untuk tidak menggunakan pengawalan atau voorijder selama berdinas.

Menurut mereka dengan tidak menggunakan pengawalan akan membuat mereka dapat merasakan penderitaan masyarakat yang harus merasakan macetnya kota Jakarta.

(riz/rmd)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Sponsored Link

Tiada ulasan:

Catat Ulasan