Selasa, 17 April 2012

Republika Online

Republika Online


Mau Sehat, Keren, dan Pede? Ini Dia Kuncinya

Posted: 17 Apr 2012 09:08 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Semuanya bermuara dari pikiran. Bila berpikir positif, bisa dipastikan kita akan membuat hasil yang positif juga. Tidak percaya? Ternyata, dari hasil sejumlah studi terungkap, pikiran yang positif dapat membuat Anda mengontrol nafsu makan, membuat semangat kerja, sampai memperbaiki penglihatan.

''Jika Anda membayangkan sebuah pengalaman, otak merangsang dirinya dengan cara yang Anda lakukan,'' ungkap Joachim Vosgerau, salah satu dikretur dari pusat studi perilaku di Carnegie Mellon University.

Cobalah cara berikut untuk memanfaatkan kekuatan pikiran kita.

Mengurangi nafsu makan
Pakailah kekuatan pikiran Anda untuk mengalihkan perhatian pada hal lain. Dalam satu studi terungkap, orang dapat mengurangi keinginan makan hanya dengan membayangkan pelangi atau mencium aroma kayu putih.

Semangat olahraga
Cobalah renungkan selama beberapa menit bagaimana rasanya Anda berkeringat saat berolahraga. Rasakan pula bagaimana degup jantung dan bersemangatnya ketika berolahraga. Bayangan itu saja tampaknya sudah cukup ampuh untuk membuat Anda segera bangkit dari tempat duduk.

Dongkrak percaya diri
Pikirkan bahwa Anda adalah bintang rock terkenal. Para peneliti mengungkapkan, kepercayaan diri dapat terdongkrak dengan merangsang respons hormonal yang mampu membuat Anda langsung lebih percaya diri dalam sekejap. Cara yang mudah, pikirkan Anda adalah bintang atau penyanyi terkenal yang dipuja para fans.

Perbaiki penglihatan
Para peserta sebuah penelitian yang turut serta dalam penelitian soal penglihatan sempurna, seperti untuk pilot, terbukti berhasil memperbaiki daya lihat mereka ketimbang mereka yang tidak ikut tes. Siapa sangka berpura-pura saja bisa memberikan kekuatan yang begitu dahsyat?
Itu karena semua bermula dari pikiran. Jadi, tunggu apalagi, mulailah berpikir positif.

Agar Kotak Plastik tidak Berbau, Begini Caranya

Posted: 17 Apr 2012 08:04 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Kontainer plastik adalah sahabat para ibu rumah tangga. Kotak atau stoples plastik biasa digunakan sebagai wadah kue, lauk pauk hingga bawang giling yang disimpan dalam kulkas.

Masalahnya, begitu selesai dipakai, meski telah dicuci sekalipun, bau-bauan 'penghuni lama' tak mudah hilang. Bila Anda sering direcoki masalah yang sama, tak ada salahnya mencoba beberapa cara ini:

Cobalah masukkan selembar roti tawar yang direndam dalam air cuka dalam kotak plastik itu. Tutuplah, biarkan selama semalam. Setelah itu cuci dan bilas.

Cara lain yang dilaporkan cukup berhasil adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Keberhasilannya memang tergantung seberapa tajam bau-bauan yang tertinggal itu.

Anda bisa mencoba menghilangkan bau itu dengan meletakkan kotak plastik kosong yang berbau itu di dalam freezer.

Cobalah meletakkan seiris jeruk nipis dalam kotak itu dan tutup. Dua cara terakhir ini bisa butuh waktu beberapa hari. n

Tiada ulasan:

Catat Ulasan