Sabtu, 26 November 2011

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Memorabilia Tintin Laku Rp 22,4 Miliar!

Posted: 27 Nov 2011 04:05 AM PST

PARIS, KOMPAS.com -- Berbagai memorabilia yang berhubungan dengan Tintin, tokoh komik legendaris karya Herge, laku terjual dengan nilai total lebih dari 1,87 juta euro (Rp 22,4 miliar) dalam sebuah lelang di Paris, Perancis, Sabtu (26/11/2011) waktu setempat. Beberapa barang terjual beberapa kali lipat dari nilai estimasinya.

Rumah lelang Artcurial di Paris melaporkan, total penjualan 856 memorabilia Tintin itu bernilai 1.873.396 euro. Nilai tersebut sudah termasuk berbagai biaya lelang. Nilai ini jauh melampaui estimasi awal yang memperkirakan semua memorabilia hanya akan terjual dengan harga 1 juta euro, seperti lelang serupa tahun lalu.

Salah satu barang yang paling diminati dalam lelang itu adalah gambar asli adegan pertempuran dalam komik Tintin berjudul "Rahasia Kapal Unicorn" yang diwarnai dengan cat air. Gambar ini diperkirakan hanya akan laku pada kisaran harga 35.000 - 40.000 euro, tetapi ternyata terjual dengan harga 168.900 euro (sekitar Rp 2 miliar).

Gambar asli lain dari episode "Penerbangan 714 ke Sydney" terjual pada penawaran akhir 90.100 euro, atau tiga kali lipat dari estimasi awal sebesar 25.000 - 35.000 euro. Satu edisi istimewa episode "Penjelajahan di Bulan", yang ditandatangani oleh Herge dan enam astronot yang pernah benar-benar pergi ke bulan, laku 100.000 euro, atau 10 kali lipat dari perkiraan harga awal.

Satu benda lagi yang sangat unik adalah kartu ucapan yang dibuat sendiri oleh Herge, dengan gambar Tintin dan anjing setianya, Snowy, melambai dari dalam roket berwarna merah putih yang ada dalam dua episode komik perjalanan ke Bulan, terjual dengan harga 40.000 euro.

Komik Tintin menceritakan petualangan seorang wartawan muda dari Belgia bernama Tintin dan anjingnya, Snowy, dalam penjelajahan ke berbagai tempat di dunia, termasuk mampir ke Indonesia dalam episode "Penerbangan 714".

Komik, yang digarap dari tahun 1929 sampai 1983, ini, terjual lebih dari 200 juta copy di seluruh dunia dan telah diterjemahkan ke lebih dari 50 bahasa, menjadikannya salah satu komik paling legendaris sepanjang sejarah.

Pengarangnya, Georges Prosper Remi, lebih populer dengan sebutan Herge, yakni cara penucapan inisialnya yang dibaca dari belakang, RG.

Film The Adventures of Tintin yang dibesut sutradara Steven Spielberg mendapat sambutan meriah dan positif dari seluruh dunia.

Full content generated by Get Full RSS.

Kapal Terbalik, 3 Imigran Pakistan Tewas di Lepas Pantai Italia

Posted: 26 Nov 2011 10:19 PM PST

Kapal Terbalik, 3 Imigran Pakistan Tewas di Lepas Pantai Italia

| Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Minggu, 27 November 2011 | 06:19 WIB

ROMA, Kompas.com - Sedikitnya tiga pendatang tewas, Sabtu (26/11/11), ketika kapal layar mereka yang membawa 60 orang terbalik. Menurut penjaga pantai, kapal itu lebih dulu menghantam batu karang di laut yang bergelombang, di lepas pantai tenggara Italia.

"Para migran sendiri mengatakan ada 60 orang yang naik kapal itu sehingga kami mencari lagi di darat dan di laut," kata juru bicara penjaga pantai Vittoeio Alessandro.

"Penjaga-penjaga pantai telah bekerja dalam kondisi ekstrim. Ada batu karang di tempat itu dan badai kategori 5, jadi membahayakan jiwa mereka," ia menambahkan.

Para pekerja darurat di tempat dekat pelabuhan Brindisi sebagaimana dikutip dalam laporan berita mengatakan bahwa "sekitar 12 mayat" telah terlihat di perairan itu, sementara beberapa orang yang selamat ditolong dan yang lain berusaha untuk berenang ke pantai.

Harian La Repubblica melaporkan di lamannya bahwa semua migran adalah warga Pakistan dan kapal mereka berlayar dari Turki dua hari sebelumnya. Koran itu mengatakan seorang warga setempat telah menyampaikan peringatan setelah mendengar teriakan dari batu karang itu.

La Repubblica mengatakan ada sekitar 70 orang di kapal itu dan "banyak yang terluka".

Kecelakaan itu terjadi 40 kilometer di utara Brindisi di daerah Apulia, tempat yang sama dengan 150 migran dari Mesir tiba bulan lalu dan 171 migran -- kebanyakan dari mereka warga Mesir -- mendarat pekan lalu.

Puluhan ribu migran dan pengungsi telah tiba dengan kapal tahun ini tapi hampir semua dari mereka di bagian Italia yang berbeda -- pulau Lampedusa di selatan. Sebagian besar dari mereka melarikan diri dari pergolakan di Tunisia dan Libya.

Sekitar 2.000 orang diperkirakan telah tewas dalam penyeberangan tahun ini.

Pada April lalu, sekitar 150 orang telah hilang di laut ketika kapal mereka terbalik dalam cuaca berbadai, dan pada Agustus penjaga pantai menemukan 25 orang tercekik hingga tewas di ruang mesin sebuah kapal kecil yang melarikan diri dari Libya dengan 271 pengungsi Afrika di atasnya.

 

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan