Sabtu, 5 November 2011

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Takbiran di Banda Aceh semarak meski hujan

Posted: 05 Nov 2011 07:38 AM PDT

Ilustrasi (-)

Berita Terkait

Video

Banda Aceh (ANTARA News) - Takbiran keliling menyambut perayaan Idul Adha 1432 Hijriah yang diikuti puluhan kendaraan hias di Kota Banda Aceh, Sabtu malam, berlangsung semarak meski ditengah hujan gerimis.

Takbiran keliling kendaraan hias yang dilepas Sekda Provinsi Aceh Teuku Setia Budi di depan halaman Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh itu mengelilingi sejumlah ruas jalan protokol atau sepanjang sekitar delapan kilometer.

Selain kendaraan hias, peserta takbiran keliling itu juga diikuti kelompok pejalan kaki yang terdiri dari remaja masjid di kota berpenduduk sekitar 300 ribu jiwa tersebut.

Kumandang suara takbir, tahmid dan tahlil mengagungkan nama Allah SWT juga terpancar dari masjid dan meunasah (mushala) di seluruh gampong di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar menyambut hari raya haji (Idul Adha) 2011.

Sementara sejumlah ruas jalan yang dilalui peserta konvoi kendaraan hias peserta takbiran keliling juga dipenuhi masyarakat seperti sepanjang jalan Teuku Hasan Dek Beurawe dan T Nyak Arief Kota Banda Aceh.

Aparat kepolisian khususnya polisi lalu lintas tampak ekstra mengatur arus kendaraan terutama sepanjang jalan yang dilalui konvoi peserta takbiran keliling.

Warga menyaksikan konvoi kendaraan hias yang sebagian besar beornamen masjid dan rumah adat Aceh itu tetap bertahan meski dalam suasana hujan gerimis.

Sementara itu sejumlah ruas jalan khususnya menuju pusat perbelanjaan di kota "bandar wisata Islami" Kota Banda Aceh tersebut juga terjadi kemacetan karena padatnya arus kendaraan.

Pusat perdagangan, kawasan pertokoan dan mal di Kota Banda Aceh juga masih dipadati masyarakat yang berbelanja berbagai barang kebutuhan menyambut lebaran.

Pemerintah Aceh mengeluarkan keputusan tentang perpanjangan liburan selama dua hari bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di provinsi itu, yakni mulai 7-8 Nopember 2011.

(T.A042)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Panitia Shalat Id di Palu antisipasi hujan

Posted: 05 Nov 2011 07:31 AM PDT

Palu (ANTARA News) - Panitia shalat Idul Adha 1432 Hijriyah di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengantisipasi turunnya hujan saat shalat Id yang akan dilaksanakan di sejumlah tanah lapang pada Ahad pagi (6/11).

Asisten I Sekretaris Daerah Kota Palu Harry Wahyudi di Palu, Sabtu, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu biasanya selalu menyelenggarakan shalat Id di Lapangan Vatulemo.

"Kita akan memanfaatkan gedung di sisi Lapangan Vatulemo jika ternyata hujan turun saat shalat Id," katanya.

Antisipasi itu dilakukan karena pada shalat Idul Fitri beberapa bulan sebelumnya hujan mengguyur Kota Palu menjelang pelaksanaan shalat Id.

Saat itu alat pengeras suara juga sudah dipasang di kedua sisi lapangan. Alat pengeras suara itu kemudian ditutup menggunakan plastik agar tidak terkena air hujan.

Untuk menghindari hujan semakin deras, penceramah pada waktu itu mempercepat pembacaan isi khutbah.

Melihat pengalaman itu, Harry mengimbau kepada warga untuk membawa terpal plastik untuk melapis sajadah agar tidak basah saat sedang melaksanakan sholat Id.

Sementara panitia Sholat Idul Adha di masjid Agung Darussalam kemungkinan besar akan menggelar shalat di dalam masjid karena kondisi lapangan yang masih basah akibat hujan pada Sabtu malam.

Di masjid terbesar di Sulawesi Tengah ini, panitia sudah memasang tempat pengeras suara dan mimbar untuk khotib.

Pada malam Idul Adha 2011, Kota Palu diguyur hujan sejak pukul 18.00 WITA.

Namun demikian, suara takbir menyambut Idul Adha tetap terdengar di masjid-masjid di Ibu Kota Sulawesi Tengah ini.
(T.R026/Z002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan