Ahad, 27 November 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Ribuan korban lumpur Lapindo blokade jalan raya Porong

Posted: 27 Nov 2011 06:56 PM PST

Korban lumpur Lapindo melakukan aksi dengan memblokade Jalan Raya Porong, Sidoarjo, Jatim (M Risyal Hidayat/ed/pd/11). ()

Berita Terkait

Video

Sidoarjo (ANTARA News) - Ribuan korban lumpur Lapindo asal Desa Siring, Jatirejo, Ketapang, memblokade Jalan Raya Porong di depan Pos Pantau Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) sambil doa bersama di atas truk menuntut ganti rugi.

Salah seorang korban lumpur, Sugianto, aksi itu dilakukan warga karena hingga saat ini ganti rugi aset warga yang tenggelam oleh luapan lumpur sampai saat ini masih belum ada kejelasan.

"Kami sudah berkali-kali melakukan aksi demo, tapi hasilnya masih nihil. Dan saat ini kami ingin melakukan aksi demo dengan jumlah massa yang lebih besar," katanya.

Ia mengemukakan, saat ini masalah ganti rugi terhadap korban lumpur Lapindo dengan berbagai skema yang diberikan oleh Minarak Lapindo Jaya masih belum mendapatkan penyelesaian ganti rugi.

"Kami juga meminta kepada BPLS untuk turut serta mengawal proses pembayaran ganti rugi kepada korban lumpur dan jangan hanya mengurusi masalah penanggulan tanggul saja," katanya.

Menurutnya, banyak angsuran yang dilakukan oleh Minarak Lapindo Jaya kepada korban lumpur yang hingga saat ini masih tersendat dengan alasan yang belum jelas.

Dalam aksinya itu, ribuan warga korban lumpur dari berbagai desa dengan menggunakan kendaraan truk melakukan doa bersama. Sambil membawa poster dan spanduk, ribuan korban lumpur ini meneriakkan tuntutan mereka terkait ganti rugi yang belum terselesaikan.

Akibat aksi blokade warga ini, membuat Jalan Raya Porong menjadi macet beberapa kilometer seperti dari arah Surabaya - Malang terjadi kemacetan sampai Tol Buntung dan dari arah Malang - Surabaya terjadi kemacetan sampai Jembatan Porong.

Petugas Kepolisian Resor Sidoarjo juga terlihat turut berjaga di lokasi terjadinya aksi blokade warga untuk mengatur arus lalu lintas serta menyarankan kepada pengguna jalan untuk menggunaka jalur alternatif.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

"86" andalan baru Toyota

Posted: 27 Nov 2011 06:54 PM PST

Toyota FT-86 Concept saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 (ANTARA News/Lukisatrio)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Toyota Motor Corp memperkenalkan kendaraan sport yang sudah jadi perbincangan selama ini.

Reuters melaporkan bahwa kendaraan sport "86" dijagokan akan memicu kembalinya citra Toyota sebagai pembuat kendaraan yang "seru dan menyenangkan".

Pada hari Minggu, Toyota memperkenalkan 86 di sirkuit Fuji di hadapan ribuan penggemar balap.

Kendaraan kompak tersebut berpenggerak roda belakang dengan mesin 2 liter. Namanya di Jepang adalah 86 atau "Hachi-roku" sedangkan di Eropa akan disebut GT86.

Angka 86 digunakan sebagai penghormatan terhadap generasi sport tahun 1980-an yang laris manis, Corolla Levin AE86.

"Setelah anda menunggu lama, kini kami perkenalkan kendaraan untuk pecinta kendaraan," kata bos Toyota, Akio Toyoda yang mengenakan pakaian balap pada acara tersebut.

86 memiliki empat tempat duduk dan merupakan kendaraan sport Toyota pertama sejak jenis MR-S dihentikan tahun 2007.

Toyota mengembangkan 86 bersama Fuji Heavy Industries Ltd. Fuji akan memasarkan "kembaran" 86 dengan merek Subaru BRZ.

86 menggunakan mesin pertama di dunia yang letaknya berlawanan secara horizontal. Teknologi injeksi yang digunakan adalah D-4S direct injection dari Toyota. Toyota adalah pemilik 16,5 persen saham Fuji Heavy.

Kerjasama Toyota dan Subaru menghasilkan mesin yang canggih tersebut. Subaru terkenal dengan turbo dan teknologi simetrikal all-wheel-drive sedangkan  Toyota ahli dalam penggerak roda belakang.

"Mobil sport biasanya dirancang untuk jadi yang tercepat, terkuat dan akselerasi yang cepat, tapi setelah kami tanya kepada para penggemar motorsport di seluruh dunia, mereka ingin kendaraan sport yang lebih terjangkau dan enak digunakan dalam semua jenis jalan, tak cuma kencang di sirkuit," kata kepala perancang 86 dari tim Toyota, Tetsuya Tada.

86 memiliki body yang ringan, pusat gravitasi yang rendah dan penggerak roda belakang. Reuters memperkirakan harga kendaraan itu 32 ribu dolar AS di Jepang.
(A038)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan