Ahad, 11 September 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Hari Ini GRAIL Resmi Muluncur ke Bulan

Posted: 11 Sep 2011 12:34 AM PDT

FLORIDA - Peluncuran roket pembawa purwarupa Gravity Recovery And Interior Laboratory (GRAIL) yang sempat ditunda keberangkatannya Kamis lalu, akhirnya resmi meluncur ke Bulan hari ini.

Hari ini NASA akhirnya menerbangkan GRAIL yang dibawa dengan oleh sebuah roket Delta II dari Cape Canaveral Air Force Station (CCAFS) Space Launch Complex 17B (SLC-17B), Florida pada pukul 09:08 waktu setempat. Seharusnya GRAIL dijadwalkan meluncur hari Kamis, namun karena cuaca saat itu tidak mendukung yaitu ada angin kencang dan beberapa kendala teknis, akhirnya baru hari ini GRAIL benar-benar bisa diterbangkan.

"Sejak manusia pertama kali menginjakan kakinya di Bulan, mereka telah terpesona dengan apa yang ada di Bulan," ungkap Maria Zuber salah seorang tim utama dari misi GRAIL dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Cambridge.

"GRAIL akan mengambil eksplorasi bulan ke tingkat yang baru. Hal ini dilakukan untuk memberikan karakterisasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tujuannya untuk memberikan informasi lebih dalam mengenai bagaimana Bulan terbentuk dan berevolusi," jelasnya, seperti dikutip Universe Today, Minggu (11/9/2011).

GRAIL A dan B sekarang mengorbit menuju Bulan pada jalur energi rendah yang akan memakan waktu paling lambat 3,5 bulan. Perjalanan GRAIL memang tergolong lebih lambat dan lebih lama untuk menempuh jarak 2,5 juta mil (4 juta kilometer). Ini dikarenakan mesin pesawat ruang angkasa lebih kecil dan hanynya sedikit membawa bahan bakar juga lebih sedikit, mengingat biaya yang didapatkan NASA untuk misi kali ini tidak banyak, yaitu sebesar USD496 juta.

Purwarupa terbaru buatan NASA akan tiba ke dalam orbit elips kutub Bulan paling cepat pada Malam Tahun Baru. GRAIL A dan B akan terbang dalam formasi tandem di orbit Bulan dengan garis edar dekat dengan kutub Bulan pada ketinggian 50 km di atas permukaan Bulan.
(tyo)

Mundur, Greysia/Meiliana Urung Juara

Posted: 11 Sep 2011 12:26 AM PDT

SINJHUANG - Indonesia kembali harus menerima kenyataan gagal merebut gelar juara di Taiwan Open. Kali ini, giliran nomor ganda putri yang gagal membawa Indonesia berjaya.

Skuad Merah Putih mengandalkan pasangan terbaiknya, Greysia Polii/Meiliana Jauhari pada babak final di Sinjhuang Stadium, Minggu (11/9/2011). Greysia/Meiliana yang menempati unggulan tiga berhadapan dengan unggulan kedua asal Korea Selatan, Ha Jung Eun/Kim Min Jung di partai puncak.

Duel antara dua pasangan terbaik ini berjalan seru sejak awal. Setelah sempat bertarung ketat di awal game, Meiliana/Greysia mulai meninggalkan perolehan lawannya dengan unggul 10-6. Namun, Eun/Jung tidak menyerah dan sempat memperkecil ketertinggalannya menjadi hanya satu angka (10-11).

Greysia/Meiliana yang tampil apik dalam memainkan strategi baik dalam melakukan smesh dan permainan net, tidak membiarkan permainan pasangan Negeri Gingseng itu berkembang lebih jauh. Mereka terus menjaga keunggulan poin mereka sebelum akhirnya menutup game pertama dengan kemenangan 21-17.

Di game kedua, Greysia/Meiliana sempat diprediksi bakal menang mudah setelah mampu unggul jauh 8-2. Akan tetapi, lagi-lagi pasangan Korea ini tidak menyerah. Perlahan tapi pasti mereka mengikis ketertinggalannya sebelum akhirnya membalikkan keadaan menjadi unggul 21-11.

Sampai di sini, Greysia/Meiliana kembali bangkit dan membalikkan keadaan menjadi unggul 15-12. Sayang, inkonsistensi permainan ditunjukkan pasangan putri terbaik ini sehingga ganda putri Korea tersebut berhasil mencuri kemenangan 21-18, dan memaksakan rubber game.

Di game penentuan, salah satu diantara Greysia/Meilina nampak bermasalah dengan kondisinya. Alhasil, saat kedudukan 2-0 untuk keunggulan pasangan Korea tersebut, Greysia/Meiliana memutuskan mundur dan merelakan gelar juara kepada unggulan kedua tersebut.

Dengan hasil ini, praktis Indonesia hanya bisa berharap pada seorang Tommy Sugiarto yang menempati unggulan 6. Diketahui, putra dari pebulutangkis legendaris Indonesia, Icuk Sugiarto ini sukses menembus final dan akan berhadapan dengan unggulan 15 asal Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk. (acf)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan