Selasa, 5 Julai 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Pameran Onthel di Balikpapan Belum Perlu

Posted: 05 Jul 2011 08:24 AM PDT

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pameran sepeda onthel di Balikpapan, Kalimantan Timur, perlu diadakan untuk menarik minat warga kota minyak ini. Meski topografi kota 70 persen berupa perbukitan, peminat onthel tetap akan ada, dan pasti bertambah.

Salah satu warga Kampung Baru, Balikpapan, Basir Daud melontarkan ketertarikan jika suatu saat diselenggarakan pameran sepeda onthel (sepeda kumbang/unta) di Balikpapan. Ia tertarik dengan seluk-beluk peronthelan, mulai dari sejarah sampai onderdil-onderdil lawasnya.

"Merek onthel ada banyak. Saya nggak tahu bedanya, namun pasti ada dan itu keunikan yang sebetulnya sangat bagus dikenalkan ke publik Balikpapan. Walau sepeda gunung lebih ngetren di sini, tapi tentu ada peminat onthel. Bentuk onthel itu unik," ujarnya, Selasa (5/7/2011).

Iklim sepeda di Balikpapan saat ini sedang tumbuh, ditandai adanya jalur sepeda dan sejumlah acara sepeda bersama. Sehingga jika komunitas onthel bisa menggelar pameran seperti kota-kota di Jawa, itu akan menjadi gebrakan. "Kapan ya ada pameran onthel di sini?" ucap Basir.

Ketua Onthel Balikpapan Mania (OBama) Soekadji mengatakan, ia juga berhasrat menggelar pameran onthel. Obama sudah melakukan semua aktivitas per-onthelan, seperti berkunjung ke komunitas lain, turing, mengarak pasangan pengantin, hingga sepeda bersama. Tinggal berpameran yang belum.

Ada 134 anggota Obama saat ini. Secara jumlah anggota, dan koleksi sepeda, saya rasa sudah bisa untuk menggelar pameran. Masalah barangkali tinggal biayanya. "Ide menggelar pameran sudah lama ada di benak, tapi belum terealisasi," ujar Soekadji.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kakek Tanpa Identitas Tewas di Taman

Posted: 05 Jul 2011 08:21 AM PDT

Kakek Tanpa Identitas Tewas di Taman

Glori K. Wadrianto | Selasa, 5 Juli 2011 | 15:21 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Seorang kakek berusia sekitar 75 tahun tanpa identitas yang diduga gepeng ditemukan tewas di sekitar Taman Tank Baja di Jalan Burangrang, Kota Bandung, Selasa  (5/7/2011) siang.

Saksi mata yang juga petugas parkir di Bank CIMB Niaga Syariah Kantor Cabang Burangrang, R Suhendar (58), menuturkan, korban sudah terlihat sejak Jumat (1/7/2011) di lokasi kejadian.  "Sejak Jumat lalu, dia sudah ada di sini dan tadi sekitar pukul 13.00 saya curiga karena dia tiduran di sekitar taman. Kemudian saya dekati, lalu saya periksa ternyata sudah mati," kata R Suhendar.

Menurutnya, sebelum korban ditemukan tewas, dirinya sempat memberikan makanan kepada korban. "Jadi tadi pagi sekitar pukul 09.00, saya sempat ngasih dia roti dan minum. Cuma ketika saya suruh pakai baju, dia (korban) nolak," kata R Suhendar.

Sebelumnya, saksi mata dan korban sempat berbincang soal identitas korban. "Sebelumnya saya sempat ngobrol sama dia (korban). Saya tanya nama, dia jawab namanya Jacob warga Ujung Berung. Tapi ketika saya tanyakan keluarganya, dia jawabnya malah ngaco," katanya.

Temuan mayat tersebut menyita perhatian warga dan pengendara uang melintas di Jalan Buranrang dan Gatot Subroto Kota Bandung. Sekitar pukul 14.40 WIB, satu unit mobil ambulans dari PMI Kota Bandung membawa mayat korban ke RS Hasan Sadikin Bandung.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan