Jumaat, 10 Jun 2011

Republika Online

Republika Online


Zona Aman yang Melenakan

Posted: 10 Jun 2011 10:59 PM PDT

Oleh Ustaz Bukhari Yusuf


Dalam Alquran surah al-A'raf [7] ayat 97-99, Allah memberikan peringatan sekaligus ancaman bagi umat manusia dengan rasa tidak aman dari makar dan ujian Allah. Sebab, ujian dan makar Allah bisa datang dalam situasi yang tak terduga-duga, baik di waktu istirahat maupun semangat, saat maksiat maupun taat, serta di waktu siang maupun malam.

Merasa aman dari makar Allah  bisa menjadi awal datangnya bencana dan malapetaka. Ketika seseorang sudah merasa dirinya berada dalam zona aman, kerap kali hal itu menjadi sebab utama penurunan tekad dan daya juang, penurunan kuantitas dan kualitas ibadah, penurunan semangat berdakwah, serta penurunan sensitivitas untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang agama.  Rasul SAW bersabda, "Dua nikmat yang di dalamnya banyak manusia  tertipu: sehat dan waktu luang." (HR al-Tirmidzi).

Karena itu, selayaknya seorang mukmin memiliki sifat hati-hati dan waspada dalam setiap kondisi dan keadaan. Bahkan, ketika sedang berada dalam kesalihan dan ketaatan sekalipun. Inilah yang membedakan dirinya dengan yang lain. Al-Hasan al-Bashri RA berkata, "Seorang mukmin melaksanakan ketaatan dalam kondisi takut dan cemas, sementara seorang fajir melakukan maksiat dalam kondisi merasa aman."

Seorang mukmin-meskipun telah melakukan berbagai amal salih dan ketaatan-tetap tidak merasa puas dengan amalnya, tidak merasa aman, serta tidak merasa layak untuk serta-merta mendapatkan surga dengan berbagai kenikmatannya. Sebab, tidak ada jaminan amalnya diterima, tidak ada jaminan selamat dari godaan setan, tidak ada jaminan ia terlepas dari dosa dan salah, tidak ada jaminan husnul khatimah, serta tidak ada jaminan pula ia selamat dari siksa. Yang diharapkan hanya rahmat, ampunan, dan pertolongan dari Allah disertai beramal sekuat tenaga.

Itulah buah dan hasil dari sebuah proses tarbiyah dan pembinaan yang panjang dan kontinu. Tarbiyah mendidik seorang Muslim untuk senantiasa berada di antara rasa khauf (takut) dan raja` (harap). Di satu sisi ia merasa takut kepada makar dan siksa Allah sehingga menjauhi maksiat dan dosa sekecil apa pun adanya, namun di sisi lain ia juga sangat berharap kepada rahmat dan karunia-Nya yang luas sehingga tidak pernah putus asa untuk bertobat dan meminta ampunan. Inilah keseimbangan yang akan menjadi kunci kesuksesan hidup dunia dan akhirat.

Hal itu ditandai dengan sikap terus memperbaiki diri disertai  kesiapan untuk menerima nasihat, masukan, dan saran baik dari orang lain. Adapun jika terus berkubang dalam kealpaan tanpa mau memperbaiki diri, atau senantiasa sibuk melakukan kritik dan kecaman sehingga lupa pada aib dan cacat sendiri berarti sedang menikmati zona aman yang melenakan.

"Maka, apakah penduduk negeri itu merasa aman dari kedatangan siksa Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur? Atau, apakah penduduk negeri itu merasa aman dari datangnya siksaan Kami kepada mereka di waktu dhuha ketika mereka sedang bermain-main? Maka, Apakah mereka merasa aman dari makar Allah? Tiada yang merasa aman dari makar Allah kecuali orang-orang yang merugi." (QS al-A'raf [7]: 97-99).

_____________________________________________________

 Anda ingin BERSEDEKAH pengetahuan dan kebaikan? Mari berbagi hikmah dengan pembaca Republika Online. Kirim naskah Anda melalui hikmah@rol.republika.co.id.  Rubrik ini adalah forum dari dan untuk sidang pembaca sekalian, tidak disediakan imbalan.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Cegah Penyusupan Taliban, AS Kirim 80 Agen Kontraintelijen

Posted: 10 Jun 2011 10:43 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Militer Amerikan Serikat mengirim 80 agen intelijen ke Afghanistan untuk membantu membendung ancaman infiltrasi Taliban dalam pasukan keamanan Afghanistan, kata surat kabar The New York Times, Jumat (11/6).

Mereka akan meningkatkan pemeriksaan terhadap para calon prajurit, mempertimbangkan riwayat dari para tentara yang sedang dilatih, kata surat kabar itu mengutip para pejabat militer yang tidak disebut namanya.

Mereka juga berusaha untuk memperbaiki prosedur untuk mengidentifikasi tentara yang paling mudah dipengaruhi untuk direkrut oleh Taliban dan para pendukungnya.

Sejumlah dari para agen itu telah tiba dan sisanya akan segera menyusul, kata surat kabar tersebut mengutip pernyataan Letkol David Simons, juru bicara Misi Pelatihan NATO di Afghanistan.

Pertempuran antara Taliban dan pasukan NATO pimpinan Amerika Serikat di Afghanistan menjadi semakin buruk setiap tahun sejak invasi tahun 2001. Washington mengirim pasukan tambahan 30.000 personil ke medan tempur tahun lalu dalam usaha menumpas pemberontakan Taliban dan sekutu-sekutunya.

Pasukan internasional yang berjumlah 130.000 personil sekarang di negara itu menurut rencana akan mulai ditarik secara bertahap Juli. Polisi dan tentara Afghanistan menurut rencana akan mengambil alih tanggung jawab keamanan secara berangsur sebelum akhir tahun 2014.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan