Sabtu, 12 Mac 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Komnas HAM: Penganiaya Rivaldo Tak Bisa Dipidana

Posted: 12 Mar 2011 01:02 AM PST

JAKARTA - Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait menegaskan Rsk, bocah 11 tahun yang secara tidak sengaja menghilangkan nyawa Rivaldo, tidak bisa dipidana, apalagi dihukum mati.

"Enggak bisa, di dalam undang-undang itu enggak ada hukuman mati untuk anak-anak sekalipun dia melakukan tindak pidana. itu kan hanya luapan emosional. Kita menyadari karena memang dia kehilangan anaknya," ungkap Arist kepada okezone, Sabtu (12/3/2011).

Arist memahami kondisi orangtua korban yang kehilangan anaknya. Karena itu dia menilai masalah ini sangat dilematis. Dalam kondisi ini, lanjut Arist, polisi harus berperan.

Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memperbarui aturan mengenai proses hukum terhadap anak di bawah 12 tahun, apalagi kasus ini dikatagorikan non-authentic crime atau bukan tindak kriminal murni.

"Menurut ketentuan UU Pengadilan Anak Tahun 1997 yang sudah diperbaiki oleh MK untuk kasus hukum terhadap anak di bawah 12 tahun, maka yang diperlukan adalah peran polisi untuk duduk bersama dengan keluarga pelaku dan keluarga korban dan bisa melihat duduk persoalannya," jelas Arist.

Karena itu, Arist menilai, polisi bisa mendiskresi kasus ini. Pelaku dikembalikan ke orangtua atau dititipkan kepada negara dalam arti ke Kementerian Sosial dan bukan dipidana yang ujungnya masuk penjara.

"Bisa jadi nanti proses hukumnya kedua keluarga setuju saling memafkan, proses hukum tetap saja jalan. Nantikan hakim mempertimbangkan perdamaian itu dan diputuskan oleh hakim, bisa dikembalikan orangtua atau dititipkan ke negara," ucapnya.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pasca Tsunami Aktivitas Jayapura Normal

Posted: 12 Mar 2011 12:10 AM PST

JAKARTA - Aktivitas warga di Dok 9, Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara mulai normal pascaditerjang tsunami pada Jumat malam kemarin.

Berdasarkan pantauan okezone, Sabtu (12/3/2011) warga nampak masih membersihkan sisa air laut yang sempat merendam rumah dan merusak harta benda milik warga.

Tidak hanya itu, pasar yang sejak kemarin ditutup serta sejumlah sekolah-sekolah mulai kembali melakukan aktivitas belajar dan mengajarnya.

Sebelumnya, gempa dan tsunami yang terjadi di jepang ternyata berdampak pada sejumlah daerah di Indonesia salah satunya adalah Jayapura, Papua.

Ketinggian air mencapai setinggi pinggul orang dewasa atau sekira  1 meter lebih telah memasuki sejumlah wilayah di distrik sejak pukul 21.20 WIT.
(crl)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan