Sabtu, 19 Mac 2011

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Kemilau Sutra Wajo

Posted: 19 Mar 2011 04:26 AM PDT

Lifestyle » Trend and Fashion » Kemilau Sutra Wajo
Sabtu, 19 Maret 2011 - 18:26 wib

Chaerunnisa - Okezone

SILK road yang menghubungkan Asia, khususnya China dengan Eropa, menjadi bukti betapa sutra merupakan bahan sandang yang banyak dicari dan menguntungkan untuk diperdagangkan.

Hingga saat ini, sutra menjadi kain unggulan, dengan kombinasi kehalusan, kelembutan, dan kecemerlangan warnanya yang memukau. Struktur dalam sutra membuat kain yang satu ini seperti berkilau, karena terjadi pembiasan cahaya dari berbagai sisi membuat si pemakain semakin cemerlang. Sutra pun terus dicari dan digemari, hingga negeri ini.

Kabupaten Wajo di Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah penghasil sutra unggulan di Indonesia. Terdapat sekira 5.000 pengrajin kain sutra di sini, menghasilkan kain yang menjadi komoditas andalan bagi pariwisata Wajo. Demikian yang disitat dari Respect.

Sutra Wajo dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang dalam bahasa Bugis dikenal dengan nama "Tennun Bola-Bola". Usaha tradisional ini menghasilkan sekira 1,5 juta meter kain sutra setiap tahun, dan dapat menggerakkan perekonomian rakyat.

Beragam motif dihasilkan pengrajin sutra Wajo dengan berkualitas tinggi. Sebut saja motif tradisional seperti sobbi, balorinni, baliare, cobo, serta motif yang menyerupai ukiran-ukiran Toraja.

Keindahan dan kualitasnya bahkan sampai negara tetangga, Malaysia yang pernah mengadakan kunjungan untuk menggali potensi ini secara langsung. Bahan baku tekstil sutra asal Wajo dinilai lebih baik mutunya daripada China, helaian sutra yang dihasilkan lebih bertekstur, hasil dari ATBM.

Ironisnya, meski sudah menghasilkan sutra dalam jumlah besar, Sulawesi Selatan masih mengimpor benang sutra rata-rata 70 ton per tahun dan mayoritas diimpor dari China, Jepang, hingga India. Tiap tahun produksi kain sutra Sulsel sekira 2,5 juta meter dengan pangsa pasar sekira 80 persen ke luar daerah, terutama pulau Jawa dan Sumatera.

Jika ingin tampil lebih cemerlang dan memukau, gunakan kain sutra. Tak hanya untuk busana, sutra juga bisa memancarkan pesona di interior hunian Anda.

(nsa) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kebaya Glamor Etnik Persembahan Ayok Dwipancara

Posted: 19 Mar 2011 03:12 AM PDT

Lifestyle » Trend and Fashion » Kebaya Glamor Etnik Persembahan Ayok Dwipancara
Sabtu, 19 Maret 2011 - 17:12 wib

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

MEMANCARKAN kebaya yang universal, Ayok Dwipancara memadukan sisi etnik, modern, dan glamor dalam rancangannya.

Sebanyak 13 koleksi kebaya dipamerkan Ayok dalam show yang membuka perhelatan Bidakara Wedding Expo ke-6 yang digelar di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (18/3) kemarin.

Dalam fashion show yang mengangkat tema "Jagat Keputren", desainer yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Surabaya ini memamerkan berbagai kebaya yang kaya akan detail dengan taburan payet di sekujur busananya.

Keberadaan detail tersebut mengesankan citra mewah sekaligus moderen dalam busana yang dibawakannya. Meski demikian, keberadaan kebaya sebagai busana tradisional tetap dikedepankan Ayok. Karenanya, nilai tersebut tetap dipertahankan dengan padu padan konsep dalam rancangannya tersebut.

"Saya memadukan unsur Jawa dan Bali. Hal itu terlihat dengan tampilan ukir-ukiran, dan hand printing yang saya pakai dalam rancangan saya. Semuanya menyesuaikan dengan tema yang saya angkat, yakni Jagat Keputren di mana tema ini mencitrakan putri-putri raja yang tampil kuat dengan keetnikannya. Namun untuk menyesuaikan dengan zaman, maka saya pun memasukkan unsur modern dan glamor seperti terlihat pada pemakaian ruffle dan model obi di beberapa koleksi yang saya pamerkan," paparnya.

Bagi Ayok, kebaya bersifat universal. Dengan konsep tersebut, dirinya pun leluasa memodifikasi kebaya sehingga bisa diterima khalayak luas. Tak heran jika kebaya pengantin yang dipamerkannya berbentuk ball gown layaknya gaun pengantin internasional.

(nsa) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen