Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Takut Radiasi, Warga China Borong Garam

Posted: 19 Mar 2011 08:10 AM PDT

SHANGHAI - Akhir-akhir ini, warga China dilanda kepanikan membeli garam setelah mendengar rumor tentang manfaat garam yang bisa mencegah penyakit akibat radiasi nuklir.

Kabar burung tersebut mengklaim adanya manfaat garam beryodium dalam mencegah keracunan akibat terkena radiasi. Akibatnya, hampir seluruh warga China berbondong-bondong menyerbu supermarket atau toko terdekat untuk membeli garam sebanyak-banyaknya.

Di Shanghai misalnya, sepertiga dari toko-toko yang berada di Jalan Maoming di Kabupaten Jing An mengalami kekurangan stok garam dalam dua hari terakhir. Padahal beberapa toko telah menerima pengiriman pagi tadi dengan jumlah tiga kali lipat dari jumlah persediaan normal. Pemilik toko atau supermarket juga sempat membatasi pembelian dua pak garam untuk setiap pembeli.

Dengan banyaknya permintaan garam yang melonjak tinggi, beberapa toko sempat menaikkan harga garam di luar batas normal. Satu pak garam seharga 1.8RMB misalnya, dihargai oleh pemilik toko sebesar 20RMB. Bahkan, menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Shanghai, setidaknya 12 kasus ilegal penimbunan dan penipuan harga garam telah terjadi dalam waktu dua hari belakangan ini.

Meskipun demikian, seperti yang dikutip oleh Shanghai Daily, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional menyatakan kepanikan warga sudah mulai mereda dan harga garam juga mulai stabil dengan adanya peningkatan pasokan garam.

Hal ini juga diakui Mao Qingguo, General Manager  dari produsen garam no. 1 di Cina, China National Salt Industry Corp (China Salt). Beliau mengungkapkan kepada harian Shanghai Daily, di sebagian besar wilayah Cina, para warga sudah tidak terburu-buru membeli dan menimbun garam di rumahnya.

Sebelumnya, pada Kamis 16 Maret lalu, China Salt sendiri telah menjual 370.000 ton garam, yang biasanya dijual dalam waktu 24 hari. Hal ini menunjukkan tingkat kepanikan warga terhadap efek radiasi yang diisukan akan menyebar di sebagian besar wilayah China.  
(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jepang Berupaya Dinginkan Reaktor Nonstop!

Posted: 19 Mar 2011 03:46 AM PDT

OSAKA – Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa mengatakan tim yang berusaha mencegah terjadinya bencana nuklir di PLTN berencana untuk mendinginkan reaktor dengan air selama 24 jam.
 
"Alih-alih menyiramkan air dalam beberapa tahapan, kami berencana menyiapkan operasi yang memungkinkan kami untuk mengalirkan air secara terus-menerus," ujar Kitazawa seperti dikutip AFP, Sabtu (19/3/2011).
 
Kendaraan yang dilengkapi secara khusus dari Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo kembali melakukan upaya penyiraman air pada reaktor No 3 di PLTN Fukushima.
 
Sejauh ini, upaya mendinginkan reaktor di PLTN dilakukan berselang-seling. Pada Jumat 19 Maret, enam mobil kebakaran menyiramkan 50 ton air laut ke PLTN.
 
Bencana gempa dan tsunami telah merusak sistem pendingin reaktor. Hal itu menyulut terjadinya ledakan dan kebakaran di reaktor. Pihak berwenang Jepang sejak saat itu terus berupaya menjaga batang bahan bakar tidak keluar dari reaktor dan kolam penyimpanan bahan bakar.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen