Selasa, 1 Mac 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


PM Thailand Terancam Dipecat

Posted: 01 Mar 2011 06:06 AM PST

BANGKOK - Partai oposisi Thailand Pheu Thai mencari celah untuk menjatuhkan impeachment atau pemecatan terhadap Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva. Ini juga diarahkan kepada delapan anggota kabinet lainnya atas tuduhan korupsi.


Mosi tidak percaya akan ditujukan kepada sembilan anggota kabinet plus Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya. Pengajuan mosi tersebut dilakukan hari ini dengan tokoh oposisi seperti Witthaya Buranasiri dan tokoh partai oposisi seperti Pracharaj dan Puea Pandin juga akan menandatangani mosi tersebut.


Seperti dikutip The Nation, Selasa (1/3/2011), Mosi tersebut nantinya akan ditargetkan kepada anggota kabinet dari Partai Demokrat dan Bhum Jai thai, dua koalisi partai berkuasa yang terbesar.


Witthaya beserta wakil ketua Partai Pheu Thai Mingkwan Sangsuwan memimpin sekelompok anggota parlemen untuk menyerahkan mosi tersebut kepada Ketua Senata Prasopsuk Boondej. Mosi ini dipastikan untuk melawan PM Abhisit dan delapan menteri kabinet lainnya.


Abhisit sebagai pemimpin pemerintah dituduh membiarkan tindak korupsi yang berlangsung antar anggota kabinet. Mereka dituduh melanggar hukum. 

(faj)
Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Lagi, China Tekan Kebebasan Pers

Posted: 01 Mar 2011 05:02 AM PST

BEIJING - China kembali menekan kebebasan pers dengan melarang jurnalis asing bekerja mencari berita di Shanghai Park dan sepanjang jalan pusat perbelanjaan di Beijing, setelah pekan lalu lokasi tersebut dipenuhi warga yang melakukan protes.


Aturan baru ini menyebabkan lokasi yang biasa dipenuhi oleh warga untuk bersantai ini, diharuskan steril dari jurnalis asing. Siapa pun jurnalis yang ingin bekerja di daerah tersebut diharuskan memiliki izin khusus. 


Aturan ini juga dikeluarkan setelah beberapa jurnalis diserang dan menderita pelecehan saat bekerja mencari berita pekan lalu. 


Ketatnya peraturan baru ini juga dipicu imbauan protes yang dilakukan oleh sebuah website. Imbauan protes ini dilakukan untuk 35 kota yang ada di China. 


Direktur Koordinator Komite Perlindungan untuk Jurnalis Asia Bon Dietz mengatakan, perlakuan atas jurnalis ini merupakan sebuah tindakan agresi yang paling parah pernah terjadi di Negeri Tirai Bambu tersebut. 


"Respon keras tersebut tentunya mendiskretikan Partai Komunis China yang berkuasa saat ini. Hal ini juga menunjukan ketakutan Pemerintah China atas pihak oposisi," tegas Dietz seperti dikutip Associated Press, Selasa (1/3/2011).  

(faj)
Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan