Selasa, 1 Mac 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Percayakan Solusi Lingkungan Kepada Kearifan Lokal

Posted: 01 Mar 2011 06:51 PM PST

Dalam konsep kultural, memang ada aturan adat di Minang yang bertentangan dengan Hukum Positif NKRI, semisal aturan tanah yang dianggap oleh masyarakat kaum diperuntukkan hingga ke anak cucu sehingga muncullah konsep tanah ulayat atau tanah warisan nenek moyang

Berita Terkait

Padang (ANTARA News) - Persoalan lingkungan yang terjadi di Indonesia khususnya di Sumatera Barat sebetulnya dapat diatasi dengan mudah melalui kearifan lokal masing-masing daerah.

"Persoalan lingkungan bukanlah hal yang baru, namun akan mudah diatasi melalui kearifan lokal dari masyarakat di masing-masing daerah," kata  Guru Besar Studi Ilmu Lingkungan Unversitas Negeri Padang, Prof. Dr. Eri Barlian, M.Si baru-baru ini di Padang.

Di Sumbar, lanjutnya, kearifan lokal secara spesifik sudah terangkum pada petatah-petitih Minang yang memuat berbagai pelajaran penting terkait lingkungan.

"Dalam konsep kultural, memang ada aturan adat di Minang yang bertentangan dengan Hukum Positif NKRI, semisal aturan tanah yang dianggap oleh masyarakat kaum diperuntukkan hingga ke anak cucu sehingga muncullah konsep tanah ulayat atau tanah warisan nenek moyang," katanya.

Namun, dalam konteks kultural itu disebutkan bahwa tanah (lingkungan) diklasifikasikan berdasarkan potensinya masing-masing sehingga tidak berdampak pada kerusakan alam.

Ia mencontohkan, klasifikasi penggunaan lahan dibuat berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan, seperti tanah yang datar diperuntukkan untuk perumahan, sedangkan yang lereng tidak boleh ditanami atau ditebang pohonnya.

"Pituah, petatah-petitih atau juga disebut kearifan lokal itu sangat berpihak pada kearifan lokal," katanya.

Saat ini, yang perlu dipertanyakan yakni bagaimana perilaku masyarakat terhadap lingkungan.

Untuk itu ia mendorong kepada Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Pemerintah Sumbar, untuk mengembalikan konsep kearifan lokal berdasarkan petatah petitih itu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Katanya, pemerintah daerah dapat membuat regulasi berbasis budaya dan syara` sehingga wisatawan asing dan domestik tidak mengontaminasi nilai budaya itu melalui kebiasaan mereka saat berwisata.
(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris

Posted: 01 Mar 2011 06:42 PM PST

London (ANTARA News) - Pemain Manchester United Dimitar Berbatov masih memimpin dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris (Premier League) hingga pertandingan Selasa malam (1/3), dengan 19 gol yang dikoleksinya.

Sementara di urutan kedua Carlos Tevez dari Manchester City yang membukukan 18 gol, lebih banyak 7 gol dari Andy Carroll, pemain Liverpool, yang mencetak 11 gol sama dengan Kevin Nolan dari Newcastle United.

Berikut para pencetak gol Liga Inggris (Premier League) hingga pertandingan Selasa malam waktu setempat.

  • 19 Gol; Dimitar Berbatov (Manchester United)
  • 18 Gol; Carlos Tevez (Manchester City)
  • 11 Gol; Andy Carroll (Liverpool), Kevin Nolan (Newcastle United)
  • 10 Gol; Robin van Persie (Arsenal), Darren Bent (Aston Villa), Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur)
  • 9 Gol; Samir Nasri (Arsenal), DJ Campbell (Blackpool), Johan Elmander (Bolton Wanderers), Didier Drogba (Chelsea), Florent Malouda (Chelsea), Fernando Torres (Chelsea), Tim Cahill (Everton), Clint Dempsey (Fulham), Javier Hernandez (Manchester United), Nani (Manchester United), Asamoah Gyan (Sunderland), Peter Odemwingie (West Bromwich Albion)
  • 7 Gol; Marouane Chamakh (Arsenal), Theo Walcott (Arsenal), Charlie Adam (Blackpool), Kevin Davies (Bolton Wanderers), Salomon Kalou (Chelsea), Wayne Rooney (Manchester United), Gareth Bale (Tottenham Hotspur), Hugo Rodallega (Wigan Athletic).
(SYS/A008/A023/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan