Khamis, 24 Mac 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Sekjen PBB: Libya Tidak Patuhi Resolusi

Posted: 24 Mar 2011 05:49 PM PDT

Sekjen PBB Ban Ki-moon. (FOTO ANTARA/AFP PHOTO)

Berita Terkait

PBB, New York (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon menilai bahwa dalam satu minggu terakhir ini Libya tidak mematuhi Resolusi 1973 Dewan Keamanan PBB, antara lain karena masih belum terlaksananya gencatan senjata seperti yang diamanatkan resolusi.

Hal itu diungkapkan Ban, Kamis, dalam sidang Dewan Keamanan di Markas Besar PBB, New York, satu pekan setelah dewan beranggotakan 15 negara itu mengesahkan resolusi yang mengizinkan negara-negara anggota PBB menjalankan langkah apapun yang diperlukan dalam upaya melindungi warga sipil di Libya dari kekerasan pasukan pemerintah pimpinan Kolonel Muamar Gaddafi.

Ban menuturkan bahwa pihak-pihak berwenang Libya beberapa kali menyatakan mereka telah melakukan gencatan senjata.

Pernyataan itu, ungkapnya, juga diterimanya secara langsung dari perdana menteri Libya dalam percakapan melalui telpon pada Sabtu (19/3) kemarin.

"Kita tidak melihat ada bukti (gencatan senjata). Justru sebaliknya, pertempuran terus berlangsung antara lain di atau sekitar kota-kota Ajdabiya, Misratah dan Zitan," ujar Ban.

"Singkat kata, tidak ada bukti bahwa pihak-pihak berwenang Libya menjalankan langkah-langkah untuk memenuhi kewajiban mereka di bawah Resolusi 1970 atau 1973," tegasnya.

Dalam sidang Dewan hari Kamis, Sekjen juga mengungkapkan kekhawatirannya tentang perlindungan warga sipil serta dihormatinya hak asasi manusia dan hukum kemanusiaan internasional.

"Tanda-tanda yang mengkhawatirkan antara lain terjadinya kasus-kasus penahanan, penghilangan orang, ancaman, hasutan --termasuk oleh Kolonel Gaddafi melalui televisi nasional," tuturnya.

Hal utama yang juga diungkapkan Ban dalam sidang DK-PBB adalah adanya kebutuhan mendesak menyangkut akses kemanusiaan di tengah situasi bahwa 330.000 orang telah meninggalkan Libya sementara para warga lainnya berada dalam kepungan pasukan Pemerintah.

"Tapi pihak berwenang Libya belum memberi izin bagi misi PBB untuk melakukan penilaian terhadap hal-hal apa saja yang dibutuhkan (warga setempat, red). Saya mengingatkan semua pihak tentang kewajiban mereka untuk memberikan akses luas kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Ban mengungkapkan, utusan khususnya untuk Libya, Abdel-Elah al-Khatib pada Jumat (25/3) akan menghadiri pertemuan yang diselenggarakan oleh Uni Afrika di Addis Ababa untuk membicarakan masalah gencatan senjata dan penyelesaian politik di Libya.

Pertemuan itu akan dihadiri oleh wakil-wakil dari pemerintahan Libya dan pihak oposisi serta negara-negara dan organisasi kawasan terkait.
(TNY)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Agar Mobil Tetap Prima Meski Lama Ditinggal

Posted: 24 Mar 2011 05:00 PM PDT

Jumat, 25 Maret 2011 07:00 WIB | Dilihat 411 Kali

ilustrasi (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum meninggalkan kendaraan anda dalam waktu lama misalnya berminggu-minggu.

Dengan memastikannya berada dalam keselamatan dan keamanan yang maksimum,  ketika anda pulang,  kendaraan itu tetap prima.Berikut tipsnya yang dikumpulkan dari beberapa sumber:

Tanki bensin harus terisi penuh
Tanki penuh akan mengurangi jumlah air yang diserap bensin.  BBM juga akan menguap dalam tingkat yang lebih rendah.

Ganti oli sebelum pergi
Pastikanlah anda mengganti oli sebelum anda menaruh mobil anda dalam garasi anda untuk waktu lama. Oli kotor di mobil dapat menyebabkan karat di dalam mesin.  Bahkan, bisa menyebabkan bearing rusak. Jika  mobil akan "nganggur sangat lama", cabut businya. Cara ini  mencegah ring piston membuat karat pada dinding silinder.

Lindungi mesin
Salah satu cara terbaik unutk melindungi wilayah mesin dari karat adalah melapisi semua permukaan metal dengan  pelumas semprot. Sebagai contoh, WD40 yang bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menyemprot permukaan metal pada mobil anda.Pelumas itu  akan segera mengering dengan menyisakan film pelindung body karbon, gulungan dan penjapit selang.
(yud/A038)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan