Khamis, 11 Julai 2013

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Kapal Terdampar di Bone Akhirnya Berlayar Kembali

Posted: 11 Jul 2013 01:27 AM PDT


BONE, KOMPAS.com - Kapal Motor Dharma Kartika I, yang terdampar sekitar 2 kilometer setelah meninggalkan Pelabuhan Bajoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, akhirnya bisa kembali berlayar, Kamis (11/7/2013) sekitar pukul 02.00 Wita.

Seperti diberitakan, kapal yang membawa 214 penumpang dan 21 anak buah kapal itu terdampar saat melintasi laut yang dangkal. Kapal itu bisa berlayar lagi sekitar empat jam kemudian, ketika terjadi arus pasang.

"Sudah lolos karena sudah naik air pasang dan harus kembali ke sini untuk diperiksa fisik apakah layak berlayar atau tidak," kata Andi Abbas, Kepala Syahbandar Pelabuhan Bajoe, Kamis.

Namun kapal tersebut tidak langsung melanjutkan perjalanan, melainkan harus kembali ke Pelabuhan Bajoe untuk menjalani pemeriksaan fisik. Sementara itu ratusan penumpangnya terlihat shock setelah empat jam terombang-ambing di tengah laut.

Informasi yang dihimpun Kompas.com. kapal ini juga sembilan unit mobil truk, empat bus, 19 minibus, dan 15 sepeda motor.

Para penumpang kini terpaksa menunggu jadwal pemberangkatan seharusnya. Ada juga yang membatalkan perjalanan.

"Kalau saya tetap menunggu pemberangkatan. Yang lain sudah banyak yang pulang karena memang kencang sekali ombak dan angin," kata Daeng Rewa, salah seorang penumpang.

Editor : Kistyarini

Bandara Polonia Medan Resmi Ditutup pada 25 Juli

Posted: 11 Jul 2013 01:10 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com — Bandara Polonia di Medan, Sumatera Utar,a akan resmi ditutup pada 25 Juli 2013. Penutupan dari bandara yang diresmikan pada tahun 1928 itu ditutup bersamaan dengan dibukanya Bandara Internasional Kualanamu.

"Ya, per 25 Juli Bandara Polonia akan ditutup untuk penerbangan komersial. Semua maskapai sudah diperintahkan untuk terbang melalui Kualanamu. Baik itu pesawat seperti Garuda maupun Susi Air, tetap sama," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti Singayudha Gumay di Bandara Kualanamu, Rabu (10/7/2013).

Menurutnya, pada tanggal 25 itu, pesawat penumpang komersial diperbolehkan masuk Bandara Polonia hingga pukul 24.00 WIB. Setelah itu pesawat harus mendarat di Kualanamu.

"Pesawat pertama yang masuk ke Kualanamu adalah Garuda karena ada penerbangan malam yang diperkirakan sampai di Medan sekitar pukul 00.30 WIB tanggal 25 Juli," ujarnya.

Bandara Kualanamu terletak di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, sekitar 22 km dari kota Medan. Di tahap awal, bandara yang diklaim sebagai bandara dengan sistem check-in tercanggih di Indonesia ini diperkirakan bisa menampung hingga 10 juta penumpang.

Editor : Caroline Damanik

Tiada ulasan:

Catat Ulasan