Rabu, 6 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Simak Tip Aman Berpetulang Sebelum Melancong ke Luar (1)

Posted: 06 Feb 2013 08:53 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Dunia tidaklah seberbahaya atau tidak aman seperti yang selalu diberitakan. Memang ada tempat-tempat yang begitu membuat orang berputus asa dan ketakutan, tapi jangan sampai menghalangi niat anda untuk bepergian menjelajah negara-negara lain.

Berikut ini beberapa tips untuk bersikap masuk akal dari penulis Lonely Planet demi membuat perjalanan anda aman dan nyaman

1. Awasi backpacker anda.

(foto: lodgephoto.com)

Biasakan untuk melihat tas punggung anda ketika anda hendak meninggalkan sebuah tempat. Acara bepergian bisa sangat memecah fokus dan perhatian ke banyak hal. Anda mungkin membawa lebih banyak barang ketika di rumah, jadi kemungkinan besar anda meninggalkan jaket atau jurnal di meja sebuah kafe pinggir jalan, ketika anda baru saja mengamati orang. Cek dan pastikan anda tidak meninggalkan barang-barang berharga anda

2. Pisahkan sumber-sumber uang anda

(foto: Dennis Wong)

Anda pasti ahli dalam memisahkan uang dan kartu kredit dalam dompet-dompet ketika di rumah. Tapi jangan lakukan ini ketika bepergian. Simpan beberapa sumber uang dalam beberapa tempat terpisah. Sehingga bila anda kehilangan kartu kredit, anda bisa mengandalkan yang lain. Jangan simpan di satu tempat, bila anda kehilangan semuanya sulit dapat gantinya dan tanpa uang di Timbuktu, bisa sangat menyulitkan.

3. Jangan simpan dompet di saku belakang jins anda

(foto: MasonJars)

Demi menghindari aksi copet, simpan dompet di tempat lebih aman, seperti saku depan, terutama kantong yang memiliki kancing. Paling baik, gunakan saku dalam di jaket anda. Bila perlu beli sabuk uang yang bisa digantung di balik kemeja atau dililitkan di pinggul--juga di balik kemeja. Jangan 'woro-woro' di tempat asing bahwa anda sedang bawa duit banyak.

4. Pindai dan simpan file semua dokumen penting

(foto: Ken_Mayer)

Sebelum berangkat pastikan anda telah memindai semua dokumen dan mengemailnya ke alamat email anda sendiri. Juga bawa serta file dalam stik USB sebagai jaga-jaga. Cara lama memang memfoto kopi visa dan pasport, asuransi perjalanan dan lain-lain, lalu menyimpan di bagian terpisah tas anda. Tapi itu gaya lama. Kini cara digital lebih baik karena dokumen anda tidak akan hilang meski tas anda raib.

5. Jangan percaya orang asing

(foto: Search Engine People Blog)

Sulit untuk tahu kondisi lokal dan tujuan wisata anda jika tidak bertanya sama sekali. Tapi juga batasi seberapa besar anda harus mempercayai mereka bila itu menyangkut keamanan (seperti bepergian dengan mereka ke area berisiko), uang, makanan dan minuman mereka. Selalu riset dahulu sebelum bepergian dan cari tahu di Thorn Tree milik Lonely Planet untuk mengetahui penipuan terkini yang dilaporkan para pelancong.

Bikin Sendiri Steak Salmon Anda, Tidak Ribet Kok

Posted: 06 Feb 2013 07:08 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Menyantap Steak Salmon yang lezat dan sehat sepulang bekerja rasanya istimewa, hmmm enaknya. Mengapa tidak sesekali memanjakan diri sendiri. Makan di resto? Itu biasa. Bagaimana bila kali ini anda mencoba meracik dan membuatnya sendiri

Tentu pilihlah momen ketika anda masih memiliki energi untuk melakukan. Jangan masak ketika mood sedang jelek atau ketika mengalami kelelahan luar biasa.

Semua bahan bisa anda beli di supermarket sebelum anda pulang ke rumah. Rasanya pasti tak kalah dengan steak salmon buatan resto. Yuk, kita coba!

Bahan-bahan untuk diracik

    4 potong daging ikan salmon, (kira-kira 125 - 150 gram per potong)
    4 sdt minyak zaitun extra virgin
    1 sdm air perasan jeruk lemon
    1 ikat (kurang lebih 100 gr) selada air
    4 sdm mayonnaise rendah lemak
    1 sdt saus cabai
    garam dan lada hitam bubuk secukupnya

Jurus membuat mayonnaise selada air:
1. Masukkan selada air, mayonnaise, 2 sdm perasan jeruk lemon ke dalam food processor, proses dengan hingga lembut.
2. Pindahkan ke wadah saus, tambahkan garam dan lada hitam, serta saus cabai, jika suka. Aduk hingga tercampur.

Tahapan 'Menyulap' Salmon jadi Steak
1. Bubuhi daging salmon dengan minyak zaitun dan 2 sdm perasan jeruk lemon. Diamkan sekitar 15 menit.
2. Panaskan wajan datar di atas api sedang, olesi dengan sedikit minyak zaitun, kemudian letakkan daging salmon, biarkan hingga matang di kedua sisinya.

Hidangkan steak salmon dengan Mayonnaise, kentang dan sayuran rebus, seperti kapri, brokoli atau wortel. Mudah bukan?

Tiada ulasan:

Catat Ulasan