Khamis, 31 Januari 2013

Republika Online

Republika Online


Inilah 20 Penyebab Utama Mimisan (3)

Posted: 31 Jan 2013 08:00 PM PST

Jumat, 01 Pebruari 2013, 11:00 WIB

naturalremedies.org

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tetesan darah yang hangat terkadang mengalir dari lubang hidung Anda. Itu artinya Anda mimisan. Namun, apakah penyebabnya?

Ada banyak hal yang memicu mimisan bergantung pada jenis mimisan apa yang Anda alami. Dilansir dari SymptomFind, Jumat (1/2), ada dua jenis mimisan. Mimisan kedua adalah mimisan posterior.

Mimisan posterior terjadi di belakang hidung dan umumnya dialami oleh orang tua. Jenis mimisan ini cukup serius dan biasanya perlu menjalani perawatan di bawah dokter spesialis. Apa saja penyebab mimisan posterior?

1. Pengobatan khusus

Anda yang gemar mengonsumsi obat-obat khusus untuk pengencer darah, seperti warfarin dan heparin, atau yang gemar menghisap obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen, dapat menyebabkan mimisan posterior. Bahkan, Anda juga bisa mengalami mimisan anterior.

2. Hipertensi

Hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Ini bisa menyebabkan mimisan meskipun alasan yang menjadi penyebabnya secara detail masih belum ditemukan.

3. Gangguan darah

Mimisan merupakan gejala dari penyakit tertentu, seperti leukemia dan hemofilia, yang memengaruhi kemampuan darah untuk membeku. Mimisan posterior juga bisa jadi tanda Anda terserang penyakit von Willebrand, yang menyebabkan perdarahan dan memar.

4. Hardened arteri

Ketika lemak dan kolesterol menumpuk di arteri Anda, hal ini dapat menyebabkan mereka mengeras. Pengerasan arteri bisa menyebabkan hidung mimisan.

5. Tumor A

Tumor di rongga hidung, baik jinak atau ganas, dapat menyebabkan mimisan.

Lanjut ke bagian keempat..

Redaktur : Citra Listya Rini
Reporter : Mutia Ramadhani

Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Ada lima binatang yang semuanya jahat, yang boleh dibunuh baik di tanah halal maupun haram, yaitu: kalajengking, burung elang, burung gagak, tikus dan anjing galak." Muttafaq Alaihi.(HR Muslim)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Inilah 20 Penyebab Utama Mimisan (2)

Posted: 31 Jan 2013 04:20 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tetesan darah yang hangat terkadang mengalir dari lubang hidung Anda. Itu artinya Anda mimisan. Namun, apakah penyebabnya?

Ada banyak hal yang memicu mimisan bergantung pada jenis mimisan apa yang anda alami. Dilansir dari SymptomFind, Jumat (1/2), ada dua jenis mimisan. Salah satunya adalah mimisan anterior.

Mimisan ini adalah yang paling umum sering terjadi dan menjadi 90 persen mimisan yang dialami banyak orang menurut penelitian  eMedicineHealth. Mimisan ini terjadi pada bagian depan atau anterior hidung. Pendarahannya cenderung berasal dari pecahnya jaringan pembuluh darah. Mimisan jenis ini biasanya akan cepat sembuh.

Apa saja penyebab mimisan anterior?

6. Cuaca ekstrem

Kondisi dimana cuaca terlampau panas atau terlampau dingin bisa mengeringkan hidung sehingga membuat Anda mimisan. Kondisi ekstrem tersebut bisa juga disebabkan karena pemanasan ruangan dan AC.

7. Alergi

Jika Anda memiliki alergi, ini juga mungkin menyebabkan hidung Anda gatal. Pada akhirnya, aAnda ingin menggaruk hidung. Penggunaan dekongestan nasal pada saat hidung gatal juga bisa menyebabkan Anda mimisan. Mimisannya biasanya terjadi di pagi hari dan malam hari.

8. Aktivitas di tempat tinggi

Duduk sedikit menelungkup tak selalu menyebabkan mimisan. Namun, kelembaban udara atau kekeringan, disertai aktivitas yang Anda lakukan di sebuah ketinggian dapat menyebabkan hidung berdarah.

9. Hidung bengkok

Mimisan merupakan gejala umum dari septum hidung yang menyimpang. Ini terjadi ketika partisi antara saluran hidung menjadi bengkok dan keluar dari posisinya. Sebuah penyimpangan septum dapat menghambat saluran hidung, dan memungkinkan benda asing mudah masuk ke dalam hidung. Ini bisa menyebabkan cedera atau infeksi yang akhirnya menyebabkan mimisan berlebihan. Jika Anda terlahir dengan hidung bengkok atau hidung rusak, Anda akan lebih rentan terhadap mimisan.

10. Penyakit jantung

Jika Anda memiliki penyakit jantung, maka darah Anda tidak dapat menggumpal dengan mudah. Ini akhirnya bisa  mengakibatkan mimisan.

11. Konsumsi alkohol dan obat-obatan

Menggunakan obat-obatan, terutama obat yang cenderung mendengus, seperti kokain, dapat menyebabkan mimisan. Minum alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan mimisan karena alkohol menghentikan pembekuan darah dan melebarkan pembuluh darah.

Lanjut ke bagian ketiga..

Tiada ulasan:

Catat Ulasan