Selasa, 18 September 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Gembong Narkoba Kolombia Dibekuk di Venezuela

Posted: 19 Sep 2012 04:24 AM PDT

Kriminal

Gembong Narkoba Kolombia Dibekuk di Venezuela

Rabu, 19 September 2012 | 11:24 WIB

BOGOTA, KOMPAS - Salah satu raja penyelundup narkoba Kolombia yang paling dicari Daniel Barrera alias Crazy Barrera tertangkap di Venezuela, Selasa (18/9/2012) waktu setempat.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos mengatakan keberhasilan menangkap Barrera adalah hasil kerja sama pemerintah Venezuela serta dinas intelijen Inggris dan Amerika Serikat.

Barrera tertangkap ketika melintasi perbatasan Venezuela tepatnya di kota San Cristobal dalam sebuah operasi penangkapan yang dikendalikan dari Washington oleh seorang jenderal polisi Kolombia.

"Crazy Barrera, bisa jadi adalah penjahat yang paling dicari saat ini. Selama 20 tahun terakhir dia telah melakukan banyak kejahatan di Kolombia dan seluruh dunia. Dia melakukan semua jenis kejahatan dan menjalin persekutuan dengan pemberontak FARC," kata Presiden Santos.

Amerika Serikat menghargai kepala Barrera dengan hadiah 5 juta dolar. Sementara pemerintah Kolombia mematok hadiah 2,7 juta dolar Amerika bagi penangkapnya.

Kolombia adalah produsen kokain terbesar di dunia. Geng-geng kriminal yang terdiri dari kelompok paramiliter dan kartel obat bius menjadi ancaman serius bagi negeri berpenduduk 46 juta jiwa ini.

Azerbaijan Beli 10 Ton Emas

Posted: 19 Sep 2012 04:06 AM PDT

Azerbaijan Beli 10 Ton Emas

Rabu, 19 September 2012 | 11:06 WIB

GoogleMaps/KSP

Azerbaijan berlokasi di Asia Barat, di tepi Laut Kaspia, berada di antara Iran dan Rusia.

BAKU, KOMPAS.com - Azerbaijan State Oil Fund (SOFAZ) telah membeli 10 ton emas untuk meningkatkan keragaman dan keuntungan dari portofolio investasi, kata CEO lembagaa pendaan itu, Shakhmar Movsumov, di Baku, Selasa (18/9).

Menurut Movsumov, saat ini emas yang dibeli tersebut disimpan di bank LBMA di London, dan akan segera dikirim ke Azerbaijan. "Azerbaijan State Oil Fund meminta Kabinet untuk membebaskan emas batangan itu dari kewajiban pajak bea masuk. Import emas tersebut ke negeri ini akan dimulai setelah keputusan Kabinet. Emas itu akan disimpan di tempat penyimpanan khusus di Bank Sentral negeri ini," kata Movsumov.

Ia menambahkan pengembangan anggaran SOFAZ 2013 mendekati penyelesaian. Rencana utama investasi lembaga pendanaa tersebut, katanya, menyasar perusahaan proyek minyak dan real estate.

Azerbaijan State Oil Fund telah mengumpulkan lebih dari 29 miliar dolar AS sejak pendiriannya pada 1999 sebagai tempat penyimpanan bagi hasil eksport minyak negeri itu dan pemasukan dari biaya transit pipa saluran minyak.

Sumber :

Ant, Xinhua, Oana

Editor :

Egidius Patnistik

Tiada ulasan:

Catat Ulasan