Jumaat, 24 Ogos 2012

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Pola Asuh Terbaik ala Ratna Listy

Posted: 24 Aug 2012 12:39 AM PDT

MENERAPKAN pola asuh yang baik terhadap anak tentu bisa membantu untuk membentuk karakternya di masa depan. Begitu pula dengan yang dilakukan Ratna listy terhadap buah hatinya.

Ibu dari dua orang anak ini mengaku bersama sang suami menerapkan pola asuh seperti layaknya seorang teman. Pasalnya, dia ingin anak-anak bisa merasa lebih dekat dengannya dan bisa lebih leluasa berbagi banyak hal bersama.

"Aku menerapkan pola asuh terhadap anak-anak itu seperti teman. Artinya, saat aku dekat dengan mereka, ada waktu dengan mereka, aku benar-benar memanfaatkan waktunya secara berkualitas, dan mereka bisa leluasa dekat ke aku," tutur Ratna saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Meskipun demikian, bukan berarti Ratna selalu menuruti semua permintaan anak-anaknya. Justru, dia mengaku termasuk ibu yang galak pada mereka. Namun, hal ini dilakukan semata-mata untuk memberikan yang terbaik bagi kedua buah hatinya.

"Aku memberi masukan ke mereka kalau maminya itu melarang bukan untuk apa-apa. Tapi untuk mereka sendiri, biar anak-anak jadi anak baik, anak pintar, jadi mereka tahu alasannya kalau maminya melarang untuk kebaikan mereka sendiri. Kita cerewet itu di momen yang tepat. Kalau momennya enggak tepat, itu enggak akan sampai di otak anak," tutupnya.
(tty)

Hal-hal yang Harus Diingat Oleh Ibu Hamil Bekerja

Posted: 23 Aug 2012 11:38 PM PDT

MASA kehamilan merupakan momen paling membahagiakan dalam hidup seorang wanita. Namun bagi banyak wanita yang telah berkarir sebelumnya, kehamilan bukan berarti menghentikan segala aktivitas pekerjaan yang dilakukannya.
 
Apalagi kini, wanita hamil dan bekerja di kantor banyak yang memutuskan untuk mengambil cuti menjelang kelahiran sang bayi. Meski begitu, para ibu juga tentunya dituntut untuk memperhatikan kondisi tubuhnya.
 
Berikut hal-hal yang perlu diingat saat menjalani masa kehamilan agar tetap beraktivitas dengan maksimal, seperti yang dilansir dari Boldsky.
 
Menghindari anak tangga
 
Anak tangga tentunya bisa membuat Anda cepat lelah. Tak hanya itu, ibu hamil yang bekerja sebaiknya menghindari anak tangga karena bisa menimbulkan tekanan pada plasenta. Jika dokter telah menyarankan untuk menghindari tangga, pastikan Anda mengikutinya. Jika kebetulan Anda sedang naik tangga, hindari membawa barang-barang yang berat. Tahan pegangan dan memanjatlah secara perlahan. Kenakan sepatu tanpa hak untuk menghindari terpeleset saat berjalan menaikinya.
 
Mengkonsumsi makanan sehat
 
Mengidam makanan tertentu merupakan hal yang umum bagi wanita hamil. Namun, bagi ibu hamil yang bekerja disarankan perlu membawa beberapa makanan ringan yang sehat selama di kantor. Perhatikan juga interval waktu mengkonsumsi makanannya. Sebaiknya jangan berlebihan karena hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi janin yang ada dalam perut Anda.
 
Katakan tidak pada kafein ataupun rokok
 
Menurut banyak penelitian, konsumsi kafein dapat menyebabkan keguguran terutama pada trimester pertama. Kafein merupakan zat adiktif yang memiliki stimulan yang dapat berbahaya bagi bayi yang sedang tumbuh.
 
Demikian pula dengan rokok.  Pasalnya, rokok memiliki kandungan nikotin yang dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Ketika Anda merokok, janin Anda akan mengalami kekurangan oksigen dan berimbas pada pertumbuhannya. Selain itu, merokok juga dikaitkan dengan kelahiran prematur, keguguran, dan cacat lahir.
 
Perhatikan cara duduk Anda
 
Saat dikantor, Anda juga perlu memperhatikan cara duduk bagi wanita hamil. Duduklah dengan tegak di kursi. Anda bisa meletakkan bantal sebagai sandaran untuk meredakan punggung yang pegal. Jika Anda merasa tidak nyaman dan mual, ambillah napas dalam-dalam dan makanlah sesuatu.

Istirahat
 
Bagi wanita hamil yang bekerja harus memperhatikan waktu istirahat mereka. Anda bisa melakukan dengan berjalan-jalan sebentar untuk menghirup udara segar dan banyak minum air putih. Istirahat juga bisa bermanfaat untuk mengontrol perasaan yang bisa membuat Anda tidak puas dengan urusan pekerjaan yang sedang Anda lakukan. (ina)
(tty)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan