Selasa, 12 Jun 2012

Republika Online

Republika Online


Tendang Google Maps, Apple Pasang Facebook di iPhone dan iPad

Posted: 12 Jun 2012 11:26 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Dendam Steve Jobs pada Google ternyata masih hidup meski delapan bulan berlalu setelah kematiannya. Dendam itu pun mewujud lewat perselisihan dua perusahaan paling berpengaruh di dunia itu lewat keputusan Apple untuk menendang layanan peta Google dari iPhone dan iPad.

Sebagai gantinya, Apple justru memasukkan peranti Facebook. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan sistem operasi (OS) mobile.

Layanan peta Google digantikan oleh software baru untuk peranti mobile buatan Apple, oOS 6, yang akan dirilis pada musim gugur ini. Mereka yang ingin tetap memakai Google Maps mesti sedikit repot karena harus mencari dan menginstal aplikasi itu.

Boleh dibilang ini akan menjadi pukulan telak untuk Google Inc yang akan kehilangan pendapatan dariiklan jika pengguna iPhone dan iPad memilih untuk beralih ke layanan peta Apple.

Apple dan Google memang berseteru untuk menarik perhatian ratusan juta pengguna peranti mobile. Pertempuran itu memanas ketika Google merilis sistem operasi Android pada 2008 untuk menggempur iPhone.

Enam Bulan, Nipress Produksi Baterai Mobnas Listrik

Posted: 12 Jun 2012 11:24 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Nipress Tbk menyatakan kesiapannya untuk memproduksi baterai jenis Lithium Ferro Phosphate yang rencananya digunakan mobil listrik nasional.

"Untuk tahap awal, kita bisa merealisasikannya dalam waktu enam bulan paling cepat," kata Direktur Operasional Nipress Richard Tandiono di Jakarta, Rabu (13/6).

Ia mengatakan, Nipress ditunjuk sebagai bagian yang bertanggungjawab untuk merealisasikan baterai mobil listrik nasional. Awalnya, baterai jenis lithium ini baru akan diproduksi oleh Nipress pada 2015 menyusul belum ada permintaan domestik.

"Jadi, kita melihat baterai jenis lithium ini belum prioritas makanya kita buat rencana di 'pipeline' 2015," ungkapnya.

Richard melanjutkan dengan kunjungan Menteri BUMN Dahlan Iskan pada Selasa (12/6), rencana pembuatan baterai lithium dipercepat menyusul adanya program mobil listrik nasional. Oleh sebab itu, perseroan mendukung dan siap untuk memasok baterai untuk mobil listrik nasional.

"Kami sudah mengatakaan kepada Pak Menteri kalau kami bisa memproduksinya, sehingga April 2013 jika mobil listrik nasional diproduksi massal maka bisa langsung digunakan," ungkapnya.

Rencananya mobil listrik nasional akan diproduksi secara masal sebanyak 10.000 unit pada April 2012, sehingga Nipress juga akan menyesuaikan kebutuhan baterai dengan jumlah mobil listrik tersebut.

"Kita tinggal sesuaikan dengan jadwal. Kami akan fokus bekerja sama dengan tim, yang ada sebutannya putra petir itu. Kemampuan kami ada di teknologi," ujarnya.

Menyoal prototipe mobil listrik nasional yang diprediksi keluar pada Agustus 2012, ia mengakui baterai untuk mobil tersebut masih akan diimpor.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan