Sabtu, 21 April 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Jamsostek gunakan Kejaksaan untuk tingkatkan kepesertaan

Posted: 21 Apr 2012 07:21 AM PDT

Direktur Utama PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga (FOTO ANTARA)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - PT Jamsostek menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Agung sebagai pengacara negara untuk mengingatkan perusahaan akan kewajibannya memenuhi hak pekerja menjadi peserta program jaminan sosial.

Dirut PT Jamsostek Hotbonar Sinaga di Jakarta, Sabtu, mengatakan hal terberat dalam program jaminan sosial adalah meningkatkan kepesertaan. Saat ini terdapat sekitar 25 juta peserta, tetapi hanya sepertiga diantaranya yang aktif membayar iuran secara rutin setiap bulan.

Sisanya, disebut sebagai peserta pasif karena perusahaan tidak membayar upah pekerja sebagaimana mestinya. Kondisi lain, banyak perusahaan yang mendaftarkan sebagian pekerjanya ke PT Jamsostek, dan tidak sedikit yang melaporkan hanya sebagian upah pekerjanya.

"Kondisi ini sangat memprihatinkan karena kami tidak mempunyai kewenangan menegakkan UU No.3/1992 yang mewajibkan setiap perusahaan yang memenuhi syarat melindungi pekerjanya dari risiko kerja ke dalam progran jaminan sosial," kata Hotbonar.

Berdasarkan peraturan dan perundangan, maka perusahaan yang membayar total upah Rp1 juta perbulan atau mempekerja lebih dari 10 orang maka wajib melindungi pekerja dalam program jaminan sosial.

Kini rata-rata upah minimum pekerja formal Rp800.000 hingga Rp1 juta. Jika, sebuah unit usaha mempekerjakan dua orang saja maka wajib melindungi pekerjanya dalam program Jamsostek.

Namun, kenyataannya masih banyak pekerja formal dan informal yang belum terlindung dari risiko kerja.

"Karena itu, kami menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Agung sebagai pengacara negara untuk mengingatkan perusahaan akan kewajibannya," kata Hotbonar.

Pada tingkat wilayah, pada Jumat (20/4) di Batam ditandatangani kerja sama antara PT Jamsostek Kanwil II dengan tujuh Kejaksaan Tinggi (Kejati) di Sumatera. Ketujuh kajati itu adalah Kajati Riau, Sumsel, Bengkulu, Jambi, Babel, Lampungg dan Kejati Kepri.

Kakanwil II PT Jamsostek Trisno mewakili PT Jamsostek dan tujuh kepala kejaksaan mewakili masing-masing wilayahnya. Trisno mengharapkan Kejati dapat memediasi perusahaan yang belum memahami peran dan kewajibannya atas hak pekerja akan jaminan sosial.

"Yang kami khawatirkan jika ada perusahaan yang sudah memungut uang pekerja tetapi tidak mendaftarkan atau menyetorkannya ke PT Jamsostek," kata Trisno.

PT Jamostek sebagai badan usaha milik negara berhak mendapat layanan hukum dari kejaksaan sebagai pengacara negara.
(T.E007/A011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

FBR dukung calon Demokrat di Pilkada DKI

Posted: 21 Apr 2012 07:13 AM PDT

Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wagub DKI 2012-2017 Fauzi Bowo (kiri) dan Nachrowi Ramli (kanan). (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma) ()

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Ormas Forum Betawi Rempug (FBR) menyatakan dukungannya untuk memenangkan pasangan calon dari Partai Demokrat, Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara) dalam Pilkada DKI Jakarta, 11 Juli mendatang.

Ketua Umum FBR KH Luthfi Hakim MA menyatakan hal itu dalam acara pemantapan anggota FBR di Jakarta, kemarin dan menambahkan FBR bersepakat dan medukung sepenuhnya pasangan kandidat Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dalam Pilkada DKI , 11 Juli 2012.

Dalam keterangan tertulisnya itu, Luthfi Hakim menyatakan acara pemantapan dan konsolidasi seluruh jajaran gardu FBR ini sebagai pertanda FBR akan berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan Foke-Nara.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan gardu FBR di wilayah Jakarta dan sekitarnya, mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Event itu diselingi acara silaturahmi seluruh perwakilan gardu FBR dengan calon wakil gubernur (cawagub) Nachrowi Ramli yang juga juga menjabat Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Sejumlah tokoh penting yang turut hadir dalam acara ini diantaranya Ketua Badan Penasehat Bamus Betawi Efendi Yusuf, dan Dewan Penasehat Bamus Betawi Husein Sani.

Ketika Menanggapi dukungan dari seluruh jajaran gardu FBR wilayah Jakarta dan sekitarnya tersebut, cawagub Nachrowi Ramli yang juga Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta itu mengatakan pihaknya dan cagub Fauzi Bowo tentu mengharapkan doa dan dukungan warga Jakarta untuk dapat memenangkan Pilkada DKI mendatang. Termasuk, dukungan dari seluruh jajaran gardu FBR di seantero Jakarta.

"Saya tetap berharap doa dan dukungan, Insya Allah..... saya bersama Pak Fauzi Bowo dapat memenangkan pemilukada DKI dalam satu putaran," katanya. (*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan