Sabtu, 28 Januari 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


"Nuklir Iran Sumber Terorisme"

Posted: 28 Jan 2012 02:01 AM PST

DAVOS - Dalam pertemuan di Davoz, Swiss, Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan, nuklir Iran merupakan sumber dari terorisme dan krisis minyak dunia. Selain itu, Barak juga mengatakan, sulit bagi dunia untuk menjadi stabil bila Iran masih memiliki nuklir.

"Iran memiliki fasilitas pengayaan uranium untuk senjata nuklirnya yang disimpan di dalam bunker rahasia. Hal itu menyulitkan kami untuk mengambil tindakan terhadap Iran," ujar Barak, seperti dikutip UPI, Sabtu (28/1/2012).

Selain Israel, mantan pejabat Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Richard Haass menilai, Iran sanggup memicu terjadinya perlombaan persenjataan nuklir di Timur Tengah. Haass mengatakan, negara-negara seperti Mesir atau Turki bisa saja mengikuti langkah Iran dalam membangun senjata nuklir.

"Nuklir Iran tampak seperti halnya obat steroid yang sanggup memicu munculnya senjata-senjata nuklir di negara lain di kawasan Timur Tengah," ujar Haass.

Hingga saat ini, nuklir Iran dinilai sebagai ancaman yang cukup serius dalam keamanan Timur Tengah. Meski Iran sudah menegaskan bahwa proyek nuklirnya tidak ditujukan untuk membangun persenjataan.

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi bahkan sempat mendesak untuk membentuk zona anti-senjata nuklir di Timur Tengah. Pada saat yang sama, Salehi langsung menyinggung Israel yang memiliki senjata nuklir. Salehi mengatakan, Israel-lah satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki senjata nuklir.

Pemberlakuan zona anti-senjata nuklir juga sangat didukung oleh Kerajaan Arab Saudi. Proposal pembangunan zona anti-senjata nuklir sudah sempat diusulkan oleh Arab Saudi pada 1995 silam, namun proposal itu tampak diabaikan.(AUL)

Full content generated by Get Full RSS.

Dukung Israel, Anwar Dikecam UMNO

Posted: 28 Jan 2012 12:01 AM PST

PETALING JAYA - Gerakan pemuda Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) mengecam pernyataan pimpinan oposisi Malaysia Anwar Ibrahim yang mendukung upaya melindungi keamanan Israel.

Pimpinan Gerakan Pemuda UMNO Ahmad Zaki Zahid menilai, sikap Anwar tampak mendukung rezim Yahudi yang sangat dikecam oleh Malaysia. Zaki pun melontarkan kecamannya terhadap Israel yang menindas rakyat Palestina dan juga Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang dipimpin Anwar.

"Apakah PKR mendukung juga serangan Israel terhadap Jalur Gaza yang selalu dilakukan dengan alasan melindungi keamanan Israel?" ucap Zaki, seperti dikutip The Star, Sabtu (28/1/2012).

Pada hari ini, Anwar mengatakan di Wall Street Journal, dirinya mendukung upaya untuk melindungi keamanan bagi Israel bila terpilih sebagai Perdana Menteri Malaysia. Meski demikian, Negeri Yahudi itu menghormati aspirasi warga Palestina terlebih dahulu.

Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia itu tidak mengatakan apakah negaranya akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel bila Anwar kembali menjadi pemimpin negeri jiran itu.

Malaysia merupakan negara yang menolak segala bentuk kebijakan Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Malaysia juga amat mengecam proyek pembangunan pemukiman Israel yang dilaksanakan di Yerusalem.(AUL)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan