Sabtu, 25 Jun 2011

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Militer Temukan Jenazah Anggota Al Qaeda

Posted: 26 Jun 2011 01:37 AM PDT

BAMAKO, KOMPAS.com - Jenazah anggota gerilyawan Al Qaeda Afrika Utara (AQIM)  yang tewas dalam serangan militer Mauritania terhadap perkemahan mereka di negara tetangga Mali - telah ditemukan, kata seorang perwira militer Mauritania, Sabtu (25/6/2011). "Kami melihat mayat di tanah, dan mobil terbakar habis ...," kata pejabat tersebut berbicara dari ibu kota Mauritania, Nouakchott, tanpa memberikan berapa jumlah gerilyawan yang tewas.    

Pejabat itu mengatakan, tentara menyisir hutan di dekatnya. "Operasi ini rumit dan berbahaya, para teroris mungkin telah menanam ranjau di daerah tersebut. Mereka berbahaya. Kita harus berhati-hati untuk menghindari penyerbuan maksimal," ujarnya.    

Seorang pejabat lokal di Mali mengatakan sebelumnya ia tidak bisa mengatakan dari pihak mana korban itu berasal. Sebuah sumber independen di daerah tersebut yang dihubungi melalui telepon mengatakan jumlah korban cukup banyak.    

Tentara Mauritania mengebom markas di wilayah barat Mali Wagadou  pada Jumat malam, dalam operasi yang melibatkan pertempuran sengit dan menyebabkan empat tentara terluka, kata sumber keamanan. Beberapa sumber militer sebelumnya mengatakan AQIM berusaha untuk mendirikan pangkalan baru  di wilayah tersebut.    

Pada awal bulan ini, Mali dan Mauritania sepakat untuk memimpin operasi militer bersama guna menggagalkan gerakan Al-Qaeda cabang Afrika utara. Operasi tersebut melibatkan ratusan tentara.    

Anggota AQIM telah secara teratur terlihat di wilayah itu, menunjukkan wilayah itu telah menjadi basis bagi kelompok tersebut.    

Mali dan Mauritania sebelumnya telah menyatakan keprihatinan tentang kegiatan kelompok itu, bersama dengan Nigeria dan Aljazair.    

AQIM, yang berakar di Aljazair, memiliki basis di Mali. Dari situ, mereka melakukan serangan bersenjata dan penculikan, terutama terhadap warga negara Barat.  Kelompok itu juga terlibat dalam perdagangan senjata dan obat-bius.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Utusan Khusus AS Berada di Afganistan

Posted: 26 Jun 2011 01:29 AM PDT

DIPLOMASI

Utusan Khusus AS Berada di Afganistan

Josephus Primus | Minggu, 26 Juni 2011 | 08:29 WIB

KOMPAS.com - Utusan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Afganistan dan Pakistan Marc Grossman berada di Kabul untuk melakukan konsultasi regional terkait dengan pengumuman Presiden Barack Obama untuk menarik secara bertahap pasukan AS dari Afganistan. Acara penting yang bakal dihadirinya adalah pertemuan internasional dengan pihak-pihak pemangku kepentingan perdamaian di Afganistan.

Sebagaimana warta Xinhua pada Minggu (26/6/2011), Grossman bakal bertemu dengan Presiden Afganistan Hamid Karzai, Penasihat Keamanan Nasional Rangin Dadfar Spanta, serta Perwakilan Khusus PBB Staffan de Mistura. Grossman juga akan menghadiri pertemuan ketiga kelompok AS, Afganistan, dan Pakistan pendukung rekonsiliasi Afganistan.

Dalam pidato di televisi pada Rabu lalu, Presiden Obama sudah memerintahkan penarikan 33.000 tentara AS secara bertahap sejak musim panas 2012. Hingga 2014, AS akan juga akan menarik 40.000 tentara lagi dari Afganistan.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan