Khamis, 14 April 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Polemik Puisi Dugaan "Plagiat" Taufiq Ismail Terselesaikan

Posted: 14 Apr 2011 05:44 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Polemik karya sastra yang ramai digunjingkan di jejaring sosial Facebook tentang puisi berjudul "Kerendahan Hati" yang menyebabkan tudingan plagiarisme atas penyair Indonesia Taufiq Ismail oleh Seniman Bramantyo Prijosusilo yang akhirnya bisa diselesaikan setelah kedua belah pihak saling meminta maaf.

"Saya melakukan suatu kesalahan. Saya akui dan saya mohon maaf kepada pak Taufiq dan Masyarakat Sastra Indonesia," kata Bramantyo Prijosusilo pada acara silahturahmi sastra yang digelar di Fadli Zon Library kawasan Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis.

Bramantyo yang merupakan seorang seniman dan pernah belajar di Bengkel Sastra WS Rendra dan telah menuding Taufiq Ismail telah memplagiat puisi karya Douglas Malloch melalui komentarnya di Facebook mengutarakan penyebab terjadinya polemik itu.

Menurut Bram dalam pendidikan sastra yang diperolehnya di bengkel sastra WS Rendr,a ia diajarkan untuk tidak menekankan yang salah dan jangan memiliki unsur kebencian.

"Itu karena kekesalan saya karena waktu Martin Aleida membuat tulisan tentang Taufiq Ismail yang membuat sms yang tak santun dimuat di berbagai media dan di sebuah website sastra, dan menyinggung agenda Lekra yang diadakan di PDS (Pusat Dokumentasi Sastra) HB Yasin." katanya.

Bram mengungkapkan bahwa dirinya sudah lupa sumber puisi itu dari mana, tetapi ada teman-temannya sejak beberapa bulan yang lalu sudah menemukan puisi itu dan menyampaikan puisi berjudul "Be the Best of Whatever You Are" karya penyair Amerika Serikat kelahiran tahun 1877 Douglas Malloch itu kepadanya.

Puisi itu didapati memiliki dua terjemahan , yaitu yang pertama yang lebih setia pada aslinya dan berjudul "Akar-Akar Pohon" dan yang satunya berjudul "Kerendahan Hati".

Sementara itu, Sastrawan Taufiq Ismail mengatakan bahwa dirinya termasuk orang yang kurang pergaulan tentang Facebook dan Internet dan ia tidak tahu menahu tentang puisi "Kerendahan Hati" itu.

"Saya tidak menemukan didalam karya-karya puisi saya, puisi ini dituduhkan kepada saya, padahal saya tidak tahu, dan saya tidak pernah mengklaim itu puisi saya," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa 19 tahun yang lalu dirinya pernah menerjemahkan puisi-puisi Amerika, namun karya-karya Malloch tak pernah masuk dalam seleksi puisi karya terjemahannya.(*)
(Yud/r009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jennifer Lopez "Perempuan Paling Cantik"

Posted: 13 Apr 2011 11:42 PM PDT

Jennifer Lopez dinobatkan sebagai "perempuan paling cantik" oleh Majalah People pada Rabu (13/4) (reuters)

Berita Terkait

New York (ANTARA News) - Jennifer Lopez dinobatkan sebagai "perempuan paling cantik" oleh Majalah People pada Rabu (13/4), setelah kembali melalui pekerjaan barunya di tayangan TV laris "American Idol".

Aktris dan penyanyi kelahiran New York City yang berusia 41 tahun itu bergabung dengan mantan pemenang Halle Berry, Jennifer Garner dan Beyonce Knowles di daftar tahunan Majalah People sebagai "orang paling cantik" di dunia.

"Gila bener. Aku nyaris nggak bisa ngomong, tapi aku merasa terhormat," kata Jennifer Lopez kepada Majalah People mengenai penghargaan buat dirinya itu. "Aku merasa tak berharga, tahu tidak? Aku merasa bahagia dan bangga. Bangga bahwa kau berusia 25 tahun !"

Aktris "Wedding Planer" itu, yang menikah dengan penyanyi Marc Anthony dan istirahat dari dunia hiburan untuk melahirkan bayi kembar pada 2008, telah meningkatkan kebangkitan popularitas sejak menjadi seorang juri tahun ini di tayangan pencari bakat "American Idol".

Singel barunya, hit dance pop, "On The Floor", telah bertengger di puncak nada di seluruh dunia, sehingga memberi Jennifer posisi Top 10 Billboard sejak "All I Have" pada 2003.

Jennifer Lopez (alias J Lo), yang dicopot oleh label rekamannya pada 2010 gara-gara penjualan yang mengecewakan, meluncurkan album baru studio pertamanya dalam empat tahun pada Mei --yang diberi judul "Love"

Ia mengatakan kepada People ia merasa lebih baik sekarang dibandingkan dengan saat ia berusia awal 20-an.

J Lo, yang terkenal karena kulitnya yang tak memiliki kerut dan tubuh dengan lekuk-liku, menyatakan penampilan cantiknya bersumber dari gaya hidup pribadinya. "Aku kira itu terjadi karena aku sangat mencintai hidupku. Aku merasa beruntung jadi orang yang menarik, tapi aku sejak dulu selalu merasa kecantikan yang hakiki selalu datang dari hatimu," demikian Reuters
(C003)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan