KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Balawan: Jangan Kaget Kalau Saya Bikin Kejutan

Posted: 04 Mar 2011 07:52 PM PST

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com -- Jumat (4/3/2011) malam nanti waktu setempat, gitaris dari Bali I Wayan Balawan (37) beserta I Nyoman Suarsana dan I Nyoman Suwida, dua pemain gamelan dari Batuan Ethnic Fusion (BEF), grup yang dibentuk oleh Balawan di Bali pada 1997, akan tampil dalam Other Minds Music Festival 2011 di San Francisco (California, AS). Mereka akan bermain bersama dua pemusik dari kota itu.

Other Minds Music Festival 2011 digelar di Kanbar Hall, California Street, San Francisco, pada 3, 4, dan 5 Maret waktu lokal. Delapan komposer tamu festival tersebut, termasuk Balawan, secara bergiliran dipanggungkan. Balawan, Suwida, dan Suarsana akan mengisi pentas festival itu pada malam kedua. Di samping Balawan Cs, komposer-komposer tamu yang akan tampil pada malam yang sama adalah David A Jaffe (AS), Agata Zubel (Polandia), dan Han Bennink (Belanda). Sementara itu, empat komposer tamu yang lain, yaitu Louis Andriessen (Belanda), Kyle Gann (AS), Janice Giteck (AS), dan Jason Moran (AS), mendapat giliran pada malam-malam lainnya. Selain itu, Andriessen, Zubel, dan Gann berkesempatan main dua kali.

Kepada Kompas.com di San Francisco, Balawan mengatakan bahwa ia, Suarsana, dan Suwida akan manggung selama kira-kira 30 menit. Mereka akan menyuguhkan tiga lagu--"GloBALIsm", "See You Soon", dan "Mie Goreng". Mereka memadukan musik modern, yang diwakili oleh permainan gitar eketrik oleh Balawan, dengan musik etnik Bali, yang diwakili oleh permainan gamelan dan suling Bali oleh Suwida dan Suarsana.

Untuk "GloBALIsm", Balawan didukung oleh Suarsana dan Suwida saja, sedangkan untuk dua lagu lainnya, gitaris yang terkenal dengan permainan gitar elektrik double neck dengan teknik tapping ini akan pula melibatkan seorang pemain bas dan seorang pemain drum dari San Francisco.

Untuk itu, Balawan, Suwida, Suarsana, dan dua pemusik San Francisco itu, berlatih pada Kamis (3/3/2011) waktu setempat. "Saya bilang ke mereka (dua pemusik San Francisco itu), yang dilatih itu cuma permainan dasar dari lagu itu. Jadi, kalau nanti saya bikin kejutan-kejutan di panggung, jangan kaget," kisah Balawan lalu tertawa.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

"Live Streaming" Java Jazz di Kompas.com

Posted: 04 Mar 2011 11:17 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak perlu khawatir buat Anda para penggemar musik jazz yang tak sempat datang ke Java Jazz Festival 2011. Kompas.com bekerja sama dengan First Media menyediakan layanan live streaming untuk melihat aksi para musisi jazz lokal ataupun internasional. Live streaming Java Jazz Festival 2011 dapat dilihat di alamat internet http://www.kompas.com/jjflive/.

GM Bisnis Kompas.com Edi Taslim mengatakan, layanan ini merupakan upaya Kompas.com untuk memberikan kemudahan bagi pembaca untuk menikmati hiburan berkualitas. Sebelumnya Kompas.com secara eksklusif juga menyediakan live streaming acara Academy Awards 2011 atau penganugerahan Piala Oscar 2011 bekerja sama dengan AP (Assosiated Press).

Live streaming Java Jazz Festival 2011 dilakukan selama perhelatan musik tahunan tersebut diselenggarakan di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, yakni pada 4, 5, dan 6 Maret 2011. Pada hari pertama, Jumat (4/3/2011), akan disiarkan langsung aksi Accoustic Alchemy, Santana, dan Corinne Bailey Rae. Pada hari kedua, siaran langsung George Benson, Elfa Secioria, George Duke & JJF All Star, dan Juan The Marcos & The Afro Cuban All Star. Dan, hari terakhir siaran langsung antara lain Gospel feat Kirk Whalum, George Duke Electric, Fariz RM feat Barry L, dan Erwin Gutawa.

Selain menyajikan live streaming, layanan ini juga akan memanjakan penikmat jazz dengan streaming rekaman aksi musisi-musisi yang mengisi Java Jazz Festival. Jadwal lebih lengkap layanan streaming Java Jazz Festival dapat dilihat di halaman situs web yang sama.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan