Khamis, 3 Februari 2011

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Istana Tepis Karen Gantikan Darwin

Posted: 03 Feb 2011 02:32 PM PST

Isu Reshuffle

Istana Tepis Karen Gantikan Darwin

Penulis: Suhartono | Editor: Tri Wahono

Kamis, 3 Februari 2011 | 22:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sumber-sumber Kompas di lingkungan Istana Kepresidenan, Kamis (3/2/2011) malam ini, menepis pemberitaan sejumlah media massa yang menyebutkan pada Jumat (4/2/2011) akan ada pengumuman pergantian anggota Kabinet Indonesia Bersatu II dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ibarat gunung, tidak ada gunung yang meletus. Memang, akan meletus, tetapi saya kira belum sekarang meletusnya. Kondisinya masih tenang-tenang saja, kok," ucap seorang pejabat di lingkungan Presiden, yang berada di lingkaran dalam Presiden Yudhoyono, tanpa mau disebut namanya.

Menurut dia, tidak ada gerakan sama sekali hari ini seperti orang-orang berkumpul-kumpul di Cikeas, apalagi di Istana. "Jadi, coba susun sendiri bahasanya, tidak ada reshuffle kabinet," ujarnya.

Pejabat lain yang dihubungi Kompas di rumahnya di kawasan Pondok Gede melalui ajudannya juga mengatakan tidak ada sinyal-sinyal menuju pergantian. "Bapak di rumah, istirahat seharian," katanya.

Besok ratas ekonomi

Menurut pejabat lain, Presiden Yudhoyono pada Jumat besok pukul 09.00 WIB malah akan mengundang Wakil Presiden (Wapres) Boediono dan sejumlah menteri ekonomi untuk rapat terbatas (ratas) bidang ekonomi. "Agenda resminya saya agak lupa, tetapi ada paparan dari Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa," tutur pejabat itu lagi.

Di tempat berbeda, Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat juga mengaku tidak tahu-menahu soal kabar pergantian Darwin ke Karen. "Besok agendanya memang ratas di kantor Presiden. Hari ini Pak Wapres tidak ada kegiatan di Cikeas atau di tempat lain. Hanya intern," ujar Yopie menegaskan.

Sebagaimana diberitakan sejumlah media, Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan disebut-sebut akan digantikan oleh sejumlah calon yang kini tengah menjalani seleksi di Kementerian BUMN. Selanjutnya Karen akan menggantikan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh yang kinerjanya dianggap buruk.

"Enggaklah itu. Ibu Karen saja sekarang dinilai sering jalan sendiri sehingga dianggap kurang perform, masa mau menggantikan Pak Darwin. Rasanya tidak mungkin," kata sumber Istana itu meyakinkan.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pemerintah Siapkan Opsi Lain Evakuasi

Posted: 03 Feb 2011 02:07 PM PST

Pemerintah Siapkan Opsi Lain Evakuasi

Penulis: Icha Rastika | Editor: Tri Wahono

Kamis, 3 Februari 2011 | 22:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia telah menyiapkan sejumlah skenario dalam mengevakuasi warga negara Indonesia di Mesir. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, pihaknya menyiapkan rencana evakuasi warga negara Indonesia ke Amman, Jordania; Jeddah, Arab Saudi; dan Dubai, Uni Emirat Arab.

"Tidak hanya sekadar skenario Kairo-Jakarta, tetapi juga ke negara terdekat seperti Jordania," ujar Marty dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri, Kamis (3/2/2011) di Jakarta.

Marty mengatakan, pemerintah telah berkomunikasi dengan kedutaan besar di ketiga negara pilihan evakuasi tersebut untuk menyediakan tempat penampungan. "Belum digunakan, tetapi sudah disiapkan," katanya.

Alasan memilih kota Amman, kata Marty, di kota tersebut tersedia sistem visa on arrival yang mempermudah evakuasi. Saat tiba di kota Amman, para warga negara Indonesia (WNI) dapat langsung memperoleh visa. "Jadi, WNI yang digeser ke Amman itu mudah evakuasinya," ucap Marty.

Kota Jeddah dipilih sebagai opsi lain mengingat di kota tersebut tersedia asrama haji milik pemerintah yang juga dapat digunakan untuk tempat penampungan.

Proses evakuasi WNI di Mesir terus dilakukan. Hari ini Kementerian Luar Negeri kembali mengirimkan pesawat Boeing 747-400 Garuda untuk mengangkut 430 WNI dalam evakuasi gelombang kedua. Jika sesuai dengan rencana, 430 WNI tersebut akan tiba besok siang.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan