Ahad, 6 Februari 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Laga Ditunda, Pendukung Tetap Berkelahi

Posted: 06 Feb 2011 07:21 PM PST

Berlin (ANTARA News) - Hujan lebat menyebabkan pertandingan sekota antara Hamburg dan St. Pauli ditunda, tetapi penonton kedua kesebelasan tetap berkelahi kendati tim mereka tidak turun lapangan.

Polisi mengatakan, sebanyak 45 pendukung kedua tim ditahan setelah sekitar 200 orang berkelahi di jalanan di Hamburg, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Polisi terpaksa menembakkan gas air mata untuk melerai kedua kubu yang berseteru. Bom molotov dan botol serta batu beterbangan dalam perkelahian yang berlangsung sekitar dua jam itu. 
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

WHO: 30 Persen Kanker Akibat Kegemukan

Posted: 06 Feb 2011 07:18 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 30 persen risiko terjadinya kanker diakibatkan oleh faktor kegemukan (obesitas) dan kurangnya aktivitas fisik antara lain karena terlalu banyak duduk.

"Sebagai anggota dari UICC (the Union for International Cancer Control), Yayasan Kanker Indonesia merasa terpanggil untuk memberi informasi mengenai kanker, dalam hal ini yang terkait kanker kulit yang dapat dideteksi sedini mungkin agar bisa disembuhkan," kata Adiati Siregar, Ketua Yayasan Kanker Indonesia dalam siaran pers, di Jakarta, Senin.

Seperti halnya kasus kanker lain, minimnya pengetahuan menyebabkan banyak gejala dini kanker kulit yang tidak dilaporkan, dibiarkan begitu saja hingga kemudian menimbulkan cacat bahkan kematian.

Diantara berbagai jenis kasus kanker di Indonesia, diketahui ternyata kanker kulit menunjukkan angka kejadian yang semakin meningkat dan dikaitkan dengan sinar ultraviolet dari matahari.

Manusia Indonesia banyak yang terpajan sinar ultraviolet setiap harinya dalam jangka waktu yang lama, namun beruntung Indonesia memiliki pigmen (penyebab kulit berwarna coklat kehitaman) yang bersifat melindungi tubuh dari pajanan ultraviolet.

Mengajarkan kepada anak-anak dan remaja untuk menghindari pajanan ultraviolet dengan bersikap cerdas dan akrab "Sun Smart" terhadap pajanan sinar matahari yaitu dengan menggunakan topi, payung, tabir matahari dan pakaian yang menutupi lengan.

Hal ini akan berdampak sangat berarti pada tahun-tahun selanjutnya. Sinar matahari dalam jumlah cukup, dikenal sebagai sumber utama vitamin D.

Paparan sinar matahari akan merangsang kulit untuk memproduksi vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan berbagai proses tubuh lainnya.

Terlalu sedikit vitamin D pada anak, dikaitkan dengan pelunakan tulang, peningkatan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan rendahnya kolesterol baik (HDL) di kemudian hari.

Meski demikian, pajanan sinar matahari terutama sinar ultraviolet antara pukul 10.00-16.00 dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker kulit.

(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan