Rabu, 26 Januari 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Mesir Bersiap Protes Hari Kedua

Posted: 26 Jan 2011 05:10 AM PST

KAIRO - Setelah ketenangan melanda jalanan Kota Kairo, Mesir hari ini, aktivis yang menuntut Presiden Hosni Mubarak untuk turun dari jabatannya kembali mendorong dilakukan protes.


Pemimpin demonstran yang meminta pendukungnya untuk berkumpul kembali di hari kedua protes berlangsung, terus mendesak Presiden Mubarak lengser dari jabatannya yang sudah ia emban selama 30 tahun.


Polisi melepaskan tembakan gas air mata dan water cannon pada Rabu dini hari waktu setempat untuk membubarkan para demonstran yang menduduki taman Tahrir, di Kairo. Sedangkan di pagi hari, jalan di kota Kairo kembali normal namun beberapa toko masih tetap tutup.


Sebelumnya pada bentrokan di hari Selasa 25 Januari, dua orang pengunjuk rasa dan seorang polisi dilaporkan tewas. Meski sudah jatuh korban jiwa, tetap saja pengunjuk rasa bertekad untuk terus melakukan protes hingga Mubarak turun dari jabatannya.


"Perubahan harus terjadi. Ini (perubahan) sebuah keharusan," ucap seorang warga di Kairo seperti dikutip Reuters, Rabu (26/1/2011).


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton, meminta rakyat Mesir untuk menyudahi aksi mereka. AS yang dikenal sebagai sekutu dekat Mesir menilai Pemerintahan Mubarak saat ini amatlah stabil dan mampu memenuhi keinginan rakyat Mesir.  

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Obama Desak Korut Lucuti Senjata Nuklirnya

Posted: 26 Jan 2011 04:05 AM PST

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mendesak Korea Utara (Korut) untuk melucuti seluruh senjata nuklir mereka. Obama juga menekan Iran atas dugaan progam nuklir yang dianggap digunakan untuk memproduksi senjata nuklir.


Selain masalah senjata nuklir, Obama yang berbicara di depan hadapan anggota Kongres AS pada pidato tahunannya, sempat menyebutkan ketegangan yang terjadi di Semenanjung Korea.


"Untuk masalah Semenanjung Korea, pemerintah akan terus mendukung sekutu kita, Korea Selatan dan mendesak Korut untuk menjalani komitmen mereka untuk mengakhiri program senjata nuklir mereka," ungkap Presiden Obama seperti dikutip AFP, Rabu (26/1/2011).


Sementara mengenai Iran, Obama menyatakan, "Berhasilnya upaya diplomasi untuk menekan Iran, mereka kini dihadapkan para sanksi yang lebih berat dari sebelumnya." 

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan