Sabtu, 29 Disember 2012

Republika Online

Republika Online


1.162 Personel Siap Amankan Bekasi pada Pergantian Tahun

Posted: 29 Dec 2012 10:53 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kepolisian Resor Kota Bekasi akan menyiagakan 1.162 personel pada malam pergantian tahun.

Salah satu perhatian utama pengamanan adalah acara Car Free Night di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi.Kepala Bagian Operasi Polresta Bekasi, Komisaris Polisi Victor Alexander menyatakan, pengamanan tahun baru masih menjadi satu rangkaian dengan operasi lilin, yang berjalan sejak 23 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013.

Pada malam tahun baru, pengamanan akan difokukan ke gereja, jalan protokol, jalan akses ke pusat keramaian, dan pusat-pusat perbelanjaan. ''Semua mall, baik besar ataupun kecil, akan kami amankan'' kata Kompol Victor Alexander kepada Republika, Ahad (30/12).

Ia menambahkan, setiap titik rawan kemacetan setidaknya minimal akan ada dua petugas kepolisian. Titik rawan kemacetan antara lain jalan akses Harapan Indah, Sumber Artha, Pasar Proyek, Giant di persimpangan Jalan KH Noer Ali, Bekasi Cyber Park, Metropolitan Mall, Bekasi Trade Center, pintu keluar tol timur dan tol barat.

Perkenalkan, Jenis Kadal ini Bernama Obama

Posted: 29 Dec 2012 10:46 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, MASSACHUSETTS -- Nama Presiden Afro-Amerika pertama di Amerika Barack Obama, sudah menjadi inspirasi bagi siapa saja.

Namun tidak jarang nama Obama juga dijadikan bahan bercandaan orang-orang di saentero dunia.Salah satunya yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Harvard dan Universitas Yale.

Dikutip dari Reuters, para peneliti dari kampus ternama di Amerika ini memberikan nama, Obamadon Gracilis pada temuan spesis kadal baru yang mereka temukan baru-baru ini.

Kadal Obama ini adalah salah satu dari sembilan temuan kadal prasejarah yang ditemukan oleh tim di bagian timur Montana. Tim mengatakan, sebenarnya nama itu adalah kebetulan belaka.

Anggota tim peneliti, Nick Longrich mengatakan penelitian dengan objek yang sama, sudah pernah dilakukan sebelumhya. Bahkan, kata dia, sudah dirampungkan sejak 1974, dengan menemukan kadal dari spesies Denticulatus Leptochamops.

Tapi, beberapa kesalahan memaksa para peneliti melakukan kajian ulang. Hasilnya signifikan, sembilan spesies baru berhasil dipisahkan dari temuan lima dekade silam tersebut.

"Kami memiliki kadal baru dengan senyuman besar dan gigi taring yang lurus. Dan Obama memiliki semua ini," kata Nick, yang ahli dalam ilmu paleontologi ini.

Nick lalu memperkenalkan temuannya itu di Sekolah New Haven, Connecticut, AS, pada awal Desember lalu. Kata dia, penamaan itu bukanlah asal-asalan.

Obamadon diterangkannya memiliki makna latin yang berarti gigi Obama. Sedangkan Gracilis diartikan sebagai suatu yang lurus dan langsing.Kadal Obama ini hidup sekitar 145 juta tahun lalu, tepatnya saat periode Cretaceous.

Nick bersama peneliti lain juga sudah mencatatkan kadal purba ini dalam Jurnal Akademi Ilmiah di AS. "Kami menunggu sampai pemilu AS usai baru menemukan sebuah nama untuk kadal ini," katanya.

Nick menambahkan, semula tim menghendaki nama Clintodon Gracilis. Tapi, nama itu terkesan memaksa dan terdengar tidak bagus. "Kami tidak pernah memikirkan nama Romneydon untuk temuan kami ini," ujarnya bercanda.  Bambang Noroyono

Tiada ulasan:

Catat Ulasan