Rabu, 14 Mac 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Ini Kontribusi Perbankan & Pasar Modal dalam Pembangunan

Posted: 14 Mar 2012 01:40 AM PDT

JAKARTA - Peran perbankan dan pasar modal Indonesia masih tergolong rendah kontribusinya terhadap pembangunan, bila dibandingkan negara-negara lainnya.

Ketua Bapepam-LK Nurhaida mengungkapkan, saat ini rasio kredit perbankan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tercatat baru mencapai 29,9 persen. Hal itu dilihat juga dari rasio pembiayaan dari pasar modal seperti Obligasi terhadap PDB yang dinilai masih rendah sebesar 50 persen, dibandingkan negara-negara seperti Singapura dan Hong Kong.

"Kalau dibanding dengan negara lain Malaysia misalnya, itu kapitalisasi pasarannya capai 160 persen dibanding PDB," katanya pada sambutannya dalam seminar Pasar Modal "Efisiensi di Sektor Keuangan: Tantangan Bagi pengembangan Sektor Riil Pembangunan Ekonomi yang Berkelanjutan" di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (14/3/2012).

Sementara itu, jika dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura, juga masih berbeda jauh. Kapitalisasi pasar saham dan obligasi di Singapura dibanding PDB sebesar 260 persen. Bahkan dengan Hong Kong, jauh lebih tinggi yang mencapai 1.080 persen.

"Bahwa memang peranan atau kontribusi perbankan atau pasar modal masih perlu ditingatkan," tandasnya. (wdi)

Apresiasi Dolar AS Antar Rupiah Menuju Rp9.190/USD

Posted: 14 Mar 2012 01:40 AM PDT

JAKARTA - Maraknya data positif yang dicatatkan Amerika Serikat (AS) membuat kepercayaan investor akan mata uang tersebut meningkat. Imbasnya, rupiah makin tertekan oleh apresiasi dolar AS.

Research Analyst Treasury Divison BNI Klara Pramesti menjelaskan, kecenderungan melemahnya rupiah akibat hasil FOMC yang tetap mempertahankan Fed Fund rate di level 0,25 persen di tengah membaiknya rilis data business inventories AS dan mengokohkan supremasi USD.

Sementara di Indonesia, rupiah cenderung tertahan terimbas maraknya tekanan inflasi yang mulai muncul meski implementasi kenaikan harga BBM belum terealisir.

"Terlebih level NDF rupiah di pasar valuta asing mengalami peningkatan di sesi awal perdagangan cenderung menggiring rupiah ke teritori negatif," jelas dia kepada okezone di Jakarta, Rabu (14/3/2012).

Menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI) rupiah dieprdagangkan di kisaran Rp9.193 per USD, dengan rata-rata perdagangan harian Rp9.147-Rp9.239 per USD. Sementara mengutip yahoofinance, rupiah berada di kisaran Rp9.165 per USD, dengan range perdagangan harian Rp9.165-Rp9.202 per USD. (mrt)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan