Jumaat, 2 Mac 2012

Republika Online

Republika Online


Pelancong Negeri Koala Buru Paket Nyepi

Posted: 02 Mar 2012 06:05 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, KUTA -- Wisatawan mancanegara dan domestik sudah mulai memesan kamar tiga bulan sebelum perayaan Hari Raya Nyepi. Perayaan Nyepi akan jatuh pada 23 Maret mendatang.

"Sejak Desember 2011, sudah cukup banyak wisatawan asing terutama dari Australia yang memesan paket Nyepi di hotel kami," kata Resident Manager Grand Istana Rama Hotel, Andi Ananto, di Kuta, Jumat.

Andi mengatakan tingkat hunian atau pemesanan kamar sampai Februari ini mencapai 70 persen. Para pelancong dari Negeri Koala tersebut berasal dari wilayah Perth dan Sydney. Mereka tertarik untuk merasakan suasana perayaan hari raya tahun baru umat Hindu itu.

"Berdasarkan pengalaman dua tahun terakhir, pengunjung hotel kami yang memesan paket Nyepi didominasi wisatawan Australia," ujarnya. ''Namun, ada juga sejumlah pelancong dalam negeri yang menginap di sini. Jumlahnya sekitar 20 persen dari jumlah kamar yang dipesan.''

Para wisatawan nusantara mayoritas berasal dari Surabaya dan Jakarta. Mereka umumnya merupakan rombongan keluarga. "Untuk paket menginap saat Hari Raya Nyepi, kami tidak memberlakukan kenaikan tarif. Harga kamar tetap normal seperti biasa," katanya.

Sering Nggak Mood? Hati-hati Ada Gangguan Bipolar

Posted: 02 Mar 2012 06:03 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA---Gangguan bipolar menjadi penyebab suasana hati individu berubah-ubah karena tidak mampu mengelola emosinya dengan baik, kata 

"Gangguan bipolar sendiri merupakan gangguan jiwa yang bersifat episodik dan ditandai gejala-gejala manik, hipomanik, depresi dan campuran," kata Kepala Seksi Gangguan Bipolar Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya, dr Handoko Daeng, dalam jumpa pers Konferensi Nasional Bipolar I.

Menurut dia, gangguan bipolar merupakan salah satu bentuk gangguan jiwa akibat distres tersebut. Gangguan tersebut sering kambuh terhadap individu itu. "Bahkan dapat berlangsung seumur hidup," ujarnya.

Umumnya, jelas dia, gangguan bipolar memiliki beragam jenis seperti episode manik, episode depresi mayor, dan episode campuran. "Episode manik biasanya terjadi selama satu pekan. Gejalanya, individu itu mempunyai percaya diri berlebih, kebutuhan tidur berkurang, ide-ide meningkat, dan aktivitas seksual meningkat," katanya.

Di samping itu, tambah dia, episode manik juga ditandai dengan sering melakukan tindakan sembrono seperti mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi (ngebut), boros, atau investasi tanpa perhitungan yang matang. "Mayoritas mereka yang terkena gangguan bipolar adalah orang sukses terutama yang mempunyai keberanian mengambil risiko dan kepercayaan diri berlebih," katanya.

Di sisi lain, kata dia, episode depresi mayor paling terjadi selama dua minggu di mana pasien mengalami suasana hati yang depresif atau kehilangan minat. "Ia juga bisa menjadi pesimistis, nafsu makan berkurang, sulit tidur, kurang tenaga, dan mempunyai pikiran tentang kematian atau bunuh diri," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, episode campuran paling sedikit terjadi satu pekan yakni si pasien mengalami episode manik dan depresi secara bersamaan. Gangguan Bipolar sendiri terbagi dalam dua tipe seperti tipe satu saat episode manik lebih menonjol dan tipe dua ketika episode depresi mayor lebih menonjol. "Umumnya, tipe satu diderita laki-laki dan tipe dua didominasi perempuan menyusul kaum hawa lebih sensitif," katanya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan