Selasa, 21 Februari 2012

Republika Online

Republika Online


Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Pesawat, Menyebalkan!

Posted: 21 Feb 2012 08:33 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Sedikit berbeda dengan moda transportasi lain, menjadi penumpang pesawat boleh dibilang harus memiliki etika sendiri. Di dalam pesawat, kita harus patuh dengan sejumlah aturan seperti tidak boleh bermain ponsel sampai harus menurut pula aturan untuk mengenakan atau melepaskan sabuk pengaman.

Nah, ternyata ada hal lain yang juga perlu diperhatikan ketika menumpang pesawat. Bila tidak, bisa dipastikan, Anda akan menjadi sasaran kebencian penumpang lain.

Bertelanjang kaki

Jangan karena merasa akan melakukan perjalanan jauh, Anda lantas asyik-asyik saja bergaya seperti di rumah. Boleh saja mencopot sepatu, tapi tetapkan kenakan kaus kaki. Kalau kaki Anda berbau, pastikan jangan pernah untuk bertelanjang kaki. Asli, aksi telanjang kaki ini bakal menyebalkan penumpang lain.

Cuek merebahkan kursi

Memang, kursi pesawat bisa direbahkan agar membuat nyaman penumpang. Namun, tolong juga pikirkan orang yang berada di belakang Anda. Dengan Anda merebahkan kursi dengan maksimal, bisa dipastikan ruang yang dimiliki penumpang di belakang bakal jauh berkurang. Apalagi, jika penumpang itu akan makan. Belajarlah untuk bertoleransi.

Menghabiskan tempat di kabin pesawat

Pesawat memang menyediakan tempat khusus untuk barang-barang penumpang yang tak terlalu besar dalam kabin. Tapi, tidak berarti Anda bisa seenaknya memenuhi seluruh kabin (overhead bin). Jangan juga meletakkan jas tebal Anda sehingga tak tersisa lagi tempat untuk penumpang lain.

Berbicara keras-keras

Ada yang hobi ngobrol dengan penumpang lain saat di pesawat, tapi banyak juga yang malas. Tak ada salahnya ngobrol dengan teman seperjalanan, namun demi toleransi pula jagalah agar suara obrolan itu tak mengganggu penumpang lain yang lebih suka tidur. Selain itu, perhatikan juga isyarat dari orang yang Anda ajak obrol. Kendati dia merespons baik, boleh jadi dia sebenarnya hanya basa-basi. Perhatikan isyarat seperti lebih banyak diam, mengalihkan pandangan ke tempat lain, melihat jam, atau membuka majalah. Lebih sensitif dengan isyarat macam ini.

Candaan tidak lucu

Boleh jadi ada yang menganggap bercanda ketika mengatakan dia membawa bom. Bila Anda menganggap candaan seperti ini lucu sekali, siap-siap saja ditendang dari pesawat!

Bikin Gulai Daun Singkong, Ini Dia Resepnya

Posted: 21 Feb 2012 07:03 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Memasak daun singkong apalagi dibuat gulai cukup menjadi tantangan sendiri. Alih-alih berhasil, daun singkong bisa jadi malah lembek dan tidak berbentuk. Jangan cemas, ini ada resep jitu untuk membuat masakan satu ini. Berikut resepnya:

Bahan:
2 ikat    daun singkong
100 gr    teri medan
100 ml    Minyak goreng
1 ruas    lengkuas, memarkan
2 bh      sereh, memarkan
2 lbr     daun salam
800 ml    santan encer
100 ml    santan kental
1 sdt     garam
1 sdt     gula

Bumbu halus:
8 bh      bawang merah
4 bh      bawang  putih
4 bh      kemiri, goreng
2 sdm     ketumbar
1 sdt     jintan
3 bh      cabe merah
1 ruas    jahe
1 ruas    kunyit

Cara membuatnya:
 Rebus daun singkong hingga matang, angkat, tiriskan, potong-potong kasar
 Cuci teri Medan, goreng,  sisihkan.
 Rebus santan encer hingga mendidih, masukkan daun singkong. Kecilkan api.
 Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas, sereh dan daun salam aduk rata.
 Tuang bumbu ini kedalam daun singkong. Aduk rata didihkan.
 Tambahkan santan kental, didihkan sekali lagi, masukkan teri medan goreng, garam dan gula. Aduk rata, test cicip.   Angkat.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan