Selasa, 31 Januari 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Bongkahan Es Dicuri dari Gletser di Cile

Posted: 31 Jan 2012 05:05 AM PST

SANTIAGO - Polisi Cile saat tengah mencari tahu kasus pencurian balok es dari gletser Jorge Montt di sebelah selatan negera Amerika Latin itu. Mereka mencurigai sebuah kelompok kriminal sebagai pelaku dari pencurian ini.


Agen dari Dinas Kehutanan Cile (CONAF) sebelumnya melaporkan adanya bongkahan es yang dicuri dari gletser atau gunung es tersebut. Mereka melakukan pencurian dari gletser yang terletak di wilayah Patagonia.


Polisi di Kota Cochrane kemudian menyisir wilayah sekitar lokasi pencurian. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Mereka menemukan sebuah truk yang berisi es yang beratnya mencapai lima ton dan menangkap supirnya.


"Supir ditangkap atas tuduhan pencurian, tetapi bisa dihadapkan pada dakwaan kejahatan atas warisan kebudayaan," ungkap Jaksa wilayah Cochrane Jose Moris seperti dikutip AFP, Selasa (31/1/2012).


Menurut pihak kepolisian, bongkahan es tersebut diketahui berharga 6.200 peso cile atau sekira Rp113,845 (Rp18,36 per peso cile). Polisi pun tengah mencari anggota komplotan lain dari pencuri es tersebut.


Gletser Jorge Montt diketahui memiliki luas hingga 454 kilometer per segi. Sementara sekira satu kilometer dari gletser tersebut meleleh tiap tahunnya, membuatnya sebagai contoh nyata masalah pemanasan global di dunia.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Viva Palestina Buka Perwakilannya di Indonesia

Posted: 31 Jan 2012 04:08 AM PST

JAKARTA - Organisasi Viva Palestina yang selama ini dikenal mendukung perjuangan Palestina untuk meraih kemerdekaan kini membuka perwakilannya di Jakarta, Indonesia.

George Gallowey yang merupakan mantan anggota Parlemen Inggris sekaligus berperan sebagai pendiri Viva Palestina menekankan pentingnya peran Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Palestina.

Viva Palestina yang didirikan sejak 10 Januari 2009 sudah memiliki 20 perwakilan di seluruh dunia.

"Kami tidak butuh dana dari organisasi ini. Namun Kami berharap dengan hadirnya Viva Palestina akan lebih banyak lagi kegiatan serta gerakan untuk mendukung kemerdekaan Palestina," ujar George Gallowey dalam dialog publik Keadilan Bagi Palestina yang diadakan di Taman Ismail Marzuki, Selasa, (31/1/2012).

George Gallowey sebelumnya merupakan anggota Parlemen Inggris, namun dia dipecat dari keanggotaannya karena mendukung dan membela hak-hak rakyat Palestina.

Gallowey juga dikenal sebagai sahabat mantan Pemimpin Palestina Yasser Arafat. Namun Gallawey membantah tudingan yang menyebutkan dirinya adalah pendukung setia Hamas.(AUL)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan