Isnin, 25 Julai 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Lempar Batu, Bocah Palestina Dapat Dibui

Posted: 25 Jul 2011 06:01 AM PDT

WASHINGTON - Setiap tahun sekira 700 bocah ditangkap dan diadili oleh di pengadilan militer Israel akibat melempar batu.

Mereka pun tak segan-segan memenjarakan bocah berusia 12 tahun, meski hukum Israel melarang memenjarakan anak di bawah usia 14 tahun.

Pelemparan batu yang dilakukan oleh bocah Palestina itu awalnya dilakukan ke tank milik Israel, dan ini menjadi simbol perjuangan Palestina.

Namun, para militer Israel tak segan menangkapi para pemuda dan bocah Palestina yang melempar batu ke pasukan Israel. Demikian seperti diberitakan New Internationalist, Senin (25/7/2011).

Militer Israel sering kali menyatakan bahwa anak yang melempar batu ini memiliki hubungan dengan kelompok ekstrimis dan patut dihukum. Namun, seorang pengacara Gerard Horton mengingatkan para pasukan Israel bahwa ini adalah tindakan para bocah, bukan teroris.

Kebanyakan para bocah ditahan dan juga diadili dalam pengadilan militer di Israel. Dikabarkan pula banyak bocah berusia di bawah 14 tahun yang dipenjara pada tahun 2005 hingga 2010.

Mereka ditangkap pasukan Israel pada malam hari di rumahnya. Mata mereka ditutup dan mereka pun dipukuli dan juga diinterogasi.

Mereka juga dipaksa untuk meminta maaf atas perbuatannya. Hal ini dinilai akan menciptakan trauma bagi para bocah tersebut.

Kesengsaraan warga Palestina pun makin lama terlihat semakin meningkat. Mulai dari blokade yang dilakukan pasukan Israel terhadap akses Gaza dan juga pembangunan tembok pemisah Israel. Selain itu, Israel juga kerap melakukan bombardir di Gaza.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

44 Orang Tewas dalam 3 Hari di Karachi

Posted: 25 Jul 2011 05:02 AM PDT

KARACHI - Kekerasan dalam tiga hari yang disebabkan oleh politik dan etnis di Karachi, Pakistan, menewaskan 44 orang. Hingga kini, angka kematian di Karachi pada Juli ini mencapai 339.

Para korban yang tewas di akhir pekan kemarin umumnya berada di wilayah Malir, Landhi, dan lainnya yang merupakan daerah multi etnis.

"Kami telah melakukan penyelidikan dan sekira 200 aparat dikerahkan untuk melakukan pencarian dan menangkap para tersangka," ujar pejabat senior kepolisian Naeem Boroka, seperti dikutip Reuters, Senin (25/7/2011).

Polisi juga menyatakan, tidak ada alasan yang jelas tentang sebab bentrokan ini. Karachi memang sudah lama dilanda konflik etnis, religi, dan sektarian.

Partai yang kerap berseteru adalah Gerakan Muttahida Qaumi (MQM) yang didominasi kaum Muhajir dan Partai Nasional Awami (ANP) yang didominasi etnis Pashtun.

ANP kerap menggunakan bandit dan genk sebagai pasukannya untuk berperang melawan etnis lainnya.

Selain itu, Karachi juga menjadi target serangan dari militan Al Qaeda. Kantor perwakilan Arab Saudi pun sebelumnya sempat dilempar granat oleh para militan.  

Menurut laporan dari Komisi HAM PBB di Pakistan, 1.138 orang terbunuh di Karachi dalam enam bulan di awal 2011. Sebanyak 490 yang tewas merupakan korban dari kekerasan etnis, politik dan sektarian.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan