Selasa, 21 Jun 2011

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Bos Kartel Narkoba Dibekuk

Posted: 22 Jun 2011 02:33 AM PDT

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Polisi Meksiko telah menangkap pemimpin kartel narkoba La Familia yang terkenal karena kekejamannya dalam serbuan di kota Aquascalientes di Meksiko tengah, kata seorang juru bicara pemerintah, Selasa (21/6/2011).     

La Familia adalah salah satu kartel narkoba paling kejam di Meksiko, dan markas besarnya adalah di negara bagian Michoacan, tempat kelompok itu memerangi geng obat bius Zeta.

"Pemerintah federal telah menahan pemimpin utama (La Familia) Jose de Jesus Mendez," juru bicara keamanan Alejandro Poiro menjelaskan.     

"Penahanan itu telah menghancurkan struktur komando (kartel tersebut) yang tersisa," ujarnya. Poiro menambahkan, tidak ada tembakan yang ditembakkan dalam serangan yang menghasilkan penangkapan Mendez itu.     

Sebelumnya, Presiden Felipe Calderon telah mengirim pesan di laman internet pribadinya di Twitter, mengatakan: "Pukulan besar oleh polisi federal terhadap kejahatan terorganisasi. Satu dari para penjahat yang paling dicari telah tertangkap. Selamat".     

La Familia adalah salah satu kartel narkoba paling kejam di Meksiko, dan markas besarnya adalah di negara bagian Michoacan, tempat kelompok itu memerangi geng obat bius Zeta.     

Bekas pemimpin La Familia, Xazario Moreno, telah tewas pada bulan Desember dalam tembak-menembak dengan polisi. La Familia, yang digolongkan  termasuk di antara tujuh kartel besar narkoba di Meksiko, dianggap sebagai penghasil utama obat bius sintetis di negara itu.     

Kelompok itu mengumumkan kedatangannya di tempat itu pada Oktober 2006 ketika orang-orangnya berjalan masuk ke sebuah bar dan menggelindingkan lima kepala terputus ke lantai dansa.     

La Familia segera mengajukan tantangan langsung pada pemerintah federal, menewaskan delapan orang dalam serangan granat dalam kerumunan massa yang sedang merayakan hari kemerdekaan Meksiko pada 15 September 2008.     

Pada Juli 2009 mereka membunuh 16 pejabat polisi, 12 dari mereka ditemukan di sebuah tumpukan di sisi sebuah jalan.     

Korban kekerasan yang diduga terkait dengan narkoba di Meksiko telah melewati angka 37.000 orang sejak Calderon melancarkan tindakan keras militer terhadap kejahatan yang terorganisasi pada 2006.

 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jon Huntsman Jadi Calon Presiden AS

Posted: 22 Jun 2011 01:59 AM PDT

Jon Huntsman Jadi Calon Presiden AS

Egidius Patnistik | Rabu, 22 Juni 2011 | 08:59 WIB

dailycaller.com

Jon Huntsman, bekas duta besar AS untuk China, kini maju sebagai calon presiden AS dari Partai Rebulik.

JERSEY CITY, KOMPAS.com - Jon Huntsman, mantan duta besar AS untuk China, Selasa (21/6/2011), secara resmi maju sebagai calon dalam pemilihan presiden AS tahun 2012 melawan bekan bos sendiri, Barack Obama. Namun posisinya, berdasarkan jajak pendapat, masih jauh di belakang para pesaingnya di Partai Republik.

Ia mengumumkan pencalonannya di Liberty State Park di New Jersey dengan Patung Liberty sebagai latar belakang. Ronald Reagan mengumumkan pencalonannya di tempat yang sama tahun 1980. Huntsman menyebut kondisi Amerika saat ini "benar-benar tidak dapat diterima," dan ia menjanjikan pekerjaan baru, kemandirian energi dan sebuah aturan pajak yang sederhana.

Dengan janji untuk membuat "keputusan-keputusan berat" demi mencegah AS tenggelam dalam bencana hutang, mantan gubernur negara bagian Utah itu secara resmi mengumumkan pencalonannya. Berdasarkan hasil jajak pendapat, Huntsman, 51 tahun, berada di belakang calon-calon lain dari Partai Republik untuk memperoleh nominasi dari partai itu pada 2012, tetapi dia diperkirakan memperoleh keuntungan dari liputan media.

Keputusannya untuk berlaga dalam pemilihan presiden membuat khawatir pemerintahan Obama dari kubu Demokrat karena Huntsman bisa menarik pemilih dari kedua partai tersebut. Huntsman membuat marah Gedung Putih April lalu ketika meletakkan jabatannya di Beijing guna mempersiapkan diri melawan Obama yang mengangkatnya tahun 2009.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Sumber :

Reuters, Telegraph

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan