Isnin, 4 April 2011

Republika Online

Republika Online


Ini Temuan KPK Soal Penggunaan Dana APBD untuk Sepakbola

Posted: 04 Apr 2011 11:02 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Hasil kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap penggunaan dana APBD untuk kegiatan sepak bola dan kegiatan olahraga lainnya periode Januari-Maret 2011 telah rampung. Ada tiga temuan yang dianggap KPK rawan untuk memunculkan penyelewengan dana tersebut.  

Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan, M Jasin, mengatakan tiga temuan itu adalah pelanggaran asas umum  pada pengelolaan dana APBD bagi klub sepak bola, adanya rangkap jabatan pejabat publik pada organisasi  keolahragaan, dan pelanggaran  terhadap prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan hibah dari APBD.

"Tiga temuan itu sangat membuka peluang terjadinya penyelewengan dana APBD," ujar Jasin saat memaparkan hasil kajian tersebut di hadapan sejumlah menteri dan puluhan kepala daerah di Kantor KPK, Jakarta, Selasa (5/4).

Pengelolaan dana APBD bagi klub sepak bola mengakibatkan alokasi anggaran hibah kepada klub sepak bola menjadi tidak adil jika dibandingkan dengan alokasi untuk beberapa urusan wajib lainnya. Sedangkan, pejabat yang merangkap sebagai pengurus klub olahraga bisa memunculkan konflik kepentingan. Pelanggaran terhadap pengelolaan dana hibah dari APBD akan menimbulkan berbagai variasi aturan yang berpotensi korupsi.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Andi: Nurdin Halid Sekarang Mau Apa Lagi?

Posted: 04 Apr 2011 10:53 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - PSSI di bawah kepemimpinan Nurdin Halid selama ini sering berdalih atas nama FIFA. Tetapi, Nurdin Halid dan kroninya kini benar-benar tidak bisa berkutik setelah FIFA membentuk Komite Normalisasi yang akan mengambil alih tugas dan wewenang Komite Eksekutif PSSI hingga terpilihnya kepengurusan baru.

Menpora Andi Mallarangeng menyatakan bahwa komunikasi pada FIFA sudah tidak lagi dimonopoli PSSI.

''Selama ini, kita sudah dengar mereka kerap bicara soal FIFA, FIFA, dan FIFA. Mereka selalu menjadikan FIFA sebagai alasan,'' kata Andi ketika dihubungi Republika. ''Sekarang FIFA sudah memutuskan seperti ini. Mau apa lagi?.''

Andi menyarankan agar Nurdin tidak lagi banyak berdalih. Kelompok Nurdin Halid sudah seharusnya mengikuti keputusan FIFA. Karena, apa yang sudah diputuskan FIFA tersebut untuk kemajuan sepak bola Indonesia. ''Kita tentu ingin sepak bola Indonesia berjaya kembali,'' katanya.

Politisi Partai Demokrat ini juga senang karena FIFA secara tidak langsung juga setuju dengan keputusan pemerintah membekukan kepengurusan PSSI di bawah kepemimpinan ketua umum Nurdin Halid dan sekjen Nugraha Besoes. Padahal, Indonesia sempat dikabarkan akan terancam sanksi FIFA menyusul campur tangan pemerintah yang membekukan kepengurusan PSSI tersebut.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

1 ulasan:

  1. Hiya! I just would like to give a huge thumbs up for the
    good information you could have here on this post. I will likely be coming back to your weblog for more soon.


    Here is my weblog; men in high school musical shirtless

    BalasPadam