Sabtu, 2 April 2011

Republika Online

Republika Online


Di Langkat, Dana BOS Triwulan Pertama Belum Cair

Posted: 02 Apr 2011 11:05 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, STABAT, SUMUT - Bantuan operasionil sekolah triwulan pertama untuk Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, belum juga disalurkan ke rekening sekolah penerima dana bantuan. "Kita belum menyalurkan dana BOS tersebut ke sekolah-sekolah, dan masih memintakan pendahuluan untuk pembayaran," kata Sugirin, selaku Manajer BOS ketika dihubungi di Stabat, Ahad (3/4).

Sugirin yang dipercayakan selaku Maneger BOS yang ditunjuk Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langakat menjelaskan bahwa pihaknya sudah membuat usulan ke DPRD Langkat, untuk meminta dana BOS didahulukan. Namun hingga sekarang ini belum ada tanda-tandanya. Sementara itu pula APBD Langkat sudah pula disahkan oleh DPRD Langkat, jadi semakin tambah bingung jadinya.

"Percayalah, bila nanti secepatnya turun, maka segera kita bayarkan ke rekening sekolah penerima dana BOS tersebut," katanya.

Sugirin menceritakan pula bahwa dana BOS yang diterima Kabupaten Langkat mencapai Rp 71 miliar lebih, yang diperuntukkan buat siswa penerima dari SMP Negeri sebanyak 23.593 siswa, SMP swasta sebanyak 14.676 siswa, sedangkan penerima SD Negeri sebanyak 118.971 siswa dan SD swasta sebanyak 5.355 siswa. Siswa penerima dana BOS, mereka akan menerimanya per triwulan, dimana per siswa menerima untuk SMP sebesar Rp 142.500 dan SD akan menerima sebesar Rp 99.250.

Dari penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Syaiful Syafri, mengatakan berdasarkan laporan yang diterima per 28 Maret 2010, ada 15 kabupaten/kota lagi belum menyalurkan dana BOS tersebut yakni Kota Sibolga, Gunung Sitoli, Pematang Siantar, Tapanuli Tengah, Nias, Nias Barat, Langkat, Karo, Labuhan Batu, Dairi, Nias Selatan, Samosir, Labusel, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.

"Keterlambatan penyaluran dana BOS disebabkan pemerintah kabupaten/kota tidak memahami juknis penyaluran dana BOS serta surat edaran bersama Mendagri dan Mendiknas RI Nomor 900/5106/Sj dan 02/XII/SEB/2010," katanya.

Jumlah dana BOS untuk Sumut tahun 2011 semester pertama ini mencapai Rp 169,7 miliar. Dana BOS dalam peraturan PP No 48 Tahun 2008 meliputi biaya satuan pendidikan, biaya penyelenggaraan atau pengelolaan pendidikan dan biaya pribadi peserta didik (siswa).

Dana BOS dapat pula dipakai untuk membayar gaji guru honor, beasiswa pendidikan siswa berprestasi, biaya pemeliharaan sarana dan prasarana dan biaya operasional lain-lain di sekolah.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Beberapa Saksi Kebakaran Pertamina Diperiksa Polisi

Posted: 02 Apr 2011 10:51 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP - Kepolisian Daerah Jawa Tengah mulai meminta keterangan dari sejumlah saksi terkait kebakaran di Pertamina Refinery Unit IV Cilacap. "Kami belum melakukan pemeriksaan secara formal, tetapi beberapa saksi sudah dimintai keterangan," kata Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) Inspektur Jenderal Polisi Edward Aritonang kepada wartawan, di Cilacap, Ahad (3/4).

Dalam hal ini, kata dia, keterangan yang dikumpulkan polisi, dilakukan terhadap para karyawan Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, yakni mereka yang pertama kali mengetahui adanya kebakaran tersebut. Kendati demikian, menurut Aritonang saat ini kepolisian masih berkonsentrasi dalam pengamanan upaya pemadaman kebakaran di Pertamina RU IV Cilacap. "Kami masih fokus dalam pengamanan pemadaman dulu, setelah itu penyelidikan," katanya.

Terkait hal itu, dia mengatakan jajaran Polda Jateng telah menyiapkan berbagai peralatan untuk membantu pemadaman kebakaran di Pertamina RU IV Cilacap. "Kami sudah siapkan peralatan termasuk helikopter untuk membantu pemadaman. Namun, mengenai teknisnya, kami masih menunggu," katanya.

Kebakaran di Pertamina RU IV Cilacap terjadi sejak Sabtu (2/4), pukul 04.55 WIB, berawal dari tangki 31 T-02 berisi minyak ringan HOMC (High Octane Mogas Component), yakni cairan untuk meningkatkan nilai oktan pada premium. Hingga Sabtu siang kebakaran itu telah menjalar ke tangki 31 T-03, dan sore harinya ke tangki 31 T-07.

Sampai Minggu siang, petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang berkobar di tiga tangki tersebut dengan menyemprotkan foam.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan