Ahad, 20 Mac 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Gayus Nyalon Hakim Agung

Posted: 20 Mar 2011 11:01 PM PDT

JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gayus Lumbuun mendaftar sebagai calon hakim agung. Anggota komisi III DPR ini telah menyerahkan berkasnya ke Komisi Yudisial (KY).

"Ya saya mendaftar dan saya serius," kata Gayus ketika dihubungi wartawan (21/3/2011). Dia mengatakan, dirinya menyiapkan diri untuk beberapa tes yang harus dilalui sebagai calon hakim agung. Gayus diusulkan sebagai calon hakim agung oleh Universitas Krisnadwipayana.

Gayus mengaku langkah pencalonan tersebut sudah disetujui oleh partainya setelah mendapat izin dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Fraksi PDIP Tjahjo Kumolo. Gayus juga mengungkapkan, selama tes calon hakim agung, dirinya akan nonaktif sebagai anggota DPR.

Diketahui, pendaftaran calon hakim agung ditutup pada 23 Maret mendatang. Sampai hari ini telah mendaftar 47 calon hakim agung dari lingkungan karier dan 16 calon hakim agung dari lingkungan nonkarier.

Kalangan karier adalah calon yang memang berprofesi sebagai hakim. Calon dari kalangan karier hanya bisa diusulkan oleh Mahkamah Agung (MA). Sementara calon non karier adalah calon yang profesinya bukan hakim, misalnya pengacara, praktisi, atau akademisi. Calon non karier diusulkan oleh masyarakat atau pemerintah.

Seleksi kali ini akan memilih 10 hakim agung. Pihak KY sendiri akan menyeleksi para calon untuk kemudian dipilih 30 calon. Ke-30 calon tersebut diserahkan ke DPR untuk dipilih 10 orang hakim agung.

(Kholil Rokhman/Koran SI/ded)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Lagi, Anggota Ahmadiyah Tobat Kembali ke Islam

Posted: 20 Mar 2011 10:53 PM PDT

BANDUNG - Delapan pengikut Ahmadiyah menjalani proses tobat kembali ke Islam di Masjid Al Ukhuwah, Bandung, Jawa Barat, Senin (21/3/2011).

Mereka adalah satu keluarga asal Jalan Pasir Kodja, yakni Winardi (46), Ade (35), Elis (29), Rusmana (41), Cucu Sumarni (42), dan tiga anak mereka.

Prosesi tobat yang digagas Front Umat Islam (FUI) dan disaksikan Wali Kota Bandung Dada Rosada digelar sekira pukul 10.00 WIB. Sedangkan proses pengucapan dua kalimat syahadat dipimpin Kepala Kantor Agama Kota Bandung Diding M Hasan.

Dalam kesempatan itu juga hadir sejumlah pejabat di antaranya Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan, Sekda Kota Bandung Edi Siswadi, Kepala Kejaksaan Negeri Bandung Amir Yanto, perwakilan MUI Kota Bandung Maman Suparman, Ketua Dewan Syuro Front Umat Islam (FUI) Hilman Firdaus, dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Jaya Subriyanto.

Dalam sambutannya, Dada Rosada mengatakan isu Ahmadiyah sangat sensitif dan cenderung memancing kekerasan yang mengyak kemanusiaan. "Saya syukuri itu tidak terjadi di Bandung. Kesadaran ini patut dihargai. Bandung kota agamis tidak ada ruang bagi kekerasan," sebut Dada.

Hari ini, lanjut Dada, Winardi dan kawan-kawan masuk ke Islam. Apa jaminan bagi warga Ahmadiyah yang masuk Islam di Kota Bandung? "Dengan masuk Islam ini tentu kita akan makin fasilitasi Pak Wunardi dan lainnya. Yang penting ada komunikasi," janjinya.

Sementara itu Ketua Dewan Syuro FUI Hilman Firdaus mengatakan, pasca-Pergub Larangan Ahmadiyah, FUI gencar melakukan dakwah dan penerangan tentang Ahmadiyah. Hasilnya mendapat respons sangat positif dari anggota jemaah. Tak hanya di Kota Bandung, namun juga di daerah lain di Jawa Barat.

"Hari ini mereka ingin bertobat. Di tempat lain Cimahi dan Bandung Barat sudah ada juga yang ingin kembali ke Islam," ucap Hilman.

(Iman Rosidi/Trijaya/ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan