Sabtu, 5 Februari 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Mubarak Turun dari Partai Penguasa

Posted: 05 Feb 2011 10:54 AM PST

KAIRO - Presiden Hosni Mubarak mundur dari ketua partai yang berkuasa di Mesir. Langkah Mubarak ini diikuti oleh pimpinan lainnya termasuk putranya, Gamal Mubarak.

Demikian dilaporkan CCN yang dikutip dari televisi pemerintah setempat, Sabtu (5/2/2011). Mubarak turun dari jabatannya sebagai ketua Partai Demokratik Nasional yang berkuasa di Mesir.

Sebelumnya, diberitakan enam anggota partai yang berkuasa di Mesir mengundurkan diri, termasuk anaknya, Gamal Mubarak yang diketahui telah dipersiapkan sebelumnya untuk calon presiden. Dewan tertinggi partai di pengambilan keputusan El-Sharif digantikan oleh Hossam Badrawi, tokoh yang selama dikesampingkan dalam jajaran partai beberapa tahun terakhir karena kritik tajamnya.

Pengangkatan baru dalam kepengurusan partai sebagian besar adalah tokoh-tokoh muda, salah satu pengganti Mohammed Kamal. "Ini merupakan perubahan yang baik. Hal ini mencerminkan suasana perubahan yang melanda negeri ini," katanya.(ram)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gamal Mubarak Mundur dari Partai

Posted: 05 Feb 2011 09:26 AM PST

KAIRO - Putra Presiden Mesir Hosni Mubarak, Gamal Mubarak mengundurkan diri dari pimpinan partai nasional demokrat Mesir. Sikap ini diambil untuk meyakinkan demonstran yang anti-pemerintah bahwa rezim ini serius dalam reformasi.

Seperti disiarkan televisi pemerintah yang dikutip  Associated Press, Sabtu (5/2/2011), enam-anggota partai yang berkuasa turun. Dewan tertinggi partai dalam pengambilan keputusan, El-Sharif digantikan oleh Hossam Badrawi, tokoh yang telah dikesampingkan dalam jajaran partai dalam beberapa tahun terakhir, karena kritik tajam dari beberapa kebijakan.

Pengangkatan baru dalam kepengurusan partai sebagian besar adalah tokoh-tokoh muda, salah satu pengganti Mohammed Kamal. "Ini merupakan perubahan yang baik. Hal ini mencerminkan suasana perubahan yang melanda negeri ini," katanya.

Gamal Mubarak, yang merupakan anggota komite pengarah, diketahui luas sudah dipersiapkan oleh ayahnya Hosni Mubarak untuk menggantikannya sebagai presiden. Tapi, Wakil Presiden Omar Suleiman berjanji bahwa Gamal tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan bulan September mendatang.

Pengumuman mundurnya Gamal disambut cemoohan para pengunjuk rasa yang berkumpul di Kairo Tahrir Square. Wael Khalil, seorang aktivis (45), mengatakan, akan memperkuat pihak oposisi untuk menunjukkan bahwa mereka menang dan rezim Mubarok mundur inci demi inci.(ram)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan