Ahad, 26 Disember 2010

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Gua Runtuh, 800 Orang Harus Dievakuasi

Posted: 26 Dec 2010 06:00 AM PST

NANCHANG - Pejabat lokal mengabarkan lebih dari 800 orang harus dievakuasi setelah tanah di atas sebuah gua runtuh di provinsi Jiangxi, bagian timur China. Menurut hasil penyelidikan awal, penambangan garam secara besar-besaran diduga menjadi penyebab utama runtuhnya gua tersebut.

Dengan lebar 50 meter dan kedalaman maksimal 5 meter, gua tersebut dilaporkan runtuh pada pukul 8.40 malam waktu setempat.

Seorang pejabat lokal mengatakan lokasi kejadian adalah di daerah Huichang, kota Zhoutian, yang ada di wilayah Jiangxi.

Para penduduk lokal mengatakan mereka sempat melihat air menyembur dari tanah dengan ketinggian semburan mencapai dua meter. Selain itu, mereka juga telah melihat retakan sepanjang 500 meter di tempat tersebut sejak Kamis 23 Desember lalu.
 
Lebih jauh, pemerintah kota Zhoutian telah mengalokasikan subsidi sebesar 300 yuan atau sekira Rp406 ribu bagi para penduduk lokal yang harus dievakuasi.

Seperti dilansir Straits Times, Minggu (26/12/2010), di antara para korban yang harus dievakuasi, 90 persen mengungsi ke rumah teman atau kerabat sebagai tempat perlindungan. Sementara 10 persen sisanya diungsikan ke kamar-kamar hotel dan panti jompo terdekat.

Pertambangan Garam Sembilan Dua yang diyakini sebagai penyebab utama insiden runtuhnya tanah gua diminta untuk berhenti beroperasi. Para pakar sedang menyelidiki lebih lanjut penyebab keruntuhan tanah ini.(fmh)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Pulang Melayat, 34 Orang Tewas Dalam Kecelakaan

Posted: 26 Dec 2010 04:05 AM PST

NEW DELHI - Ironis, baru saja pulang dari pemakaman seorang kerabat, sekelompok pelayat yang menumpangi sebuah mini truk bertabrakan dengan sebuah bus.

Insiden yang terjadi di wilayah utara India itu menelan 34 korban tewas.Kecelakaan itu juga menyebabkan 30 orang mengalami luka-luka.

Peristiwa nahas itu terjadi di kota Badaun, negara bagian Utara Pradesh. Sekira 200 kilometer di sebelah tenggara Ibu Kota India New Delhi. Demikian dilaporkan kantor berita India Press Trust, mengutip pernyataan seorang pejabat kota Amit Gupta.

Seperti dilansir AFP pada Minggu (26/12/2010), pihak kepolisian mengabarkan pengemudi bus juga tewas dalam insiden tersebut.

Tingkat kematian akibat kecelakaan jalan raya di India sangat tinggi, bahkan merupakan yang tertinggi di dunia. Data tersebut mengacu pada data milik badan Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sebagian besar kecelakaan terjadi karena berkendara melampaui batas kecepatan, kelalaian pengemudi, buruknya kondisi jalan, kemacetan, dan perawatan kendaraan yang buruk.(fmh)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan