Ahad, 3 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Lemon Obat Jerawat Yang Ampuh?

Posted: 03 Feb 2013 09:07 PM PST

Senin, 04 Pebruari 2013, 12:07 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini, buah lemon. Warnanya yang kuning terang dan rasanya yang asam sering dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan. Lemon adalah salah satu jenis jeruk yang memiliki rasa asam kuat. Kandungan vitaminB, C, fosfor dan karbohidrat, tidak aneh jika lemon dijadikan sebagai bahan kosmetika dan obat kesehatan lainnya. Tapi tahukan manfaat lain dari buah ini?

1. Menghilangkan jerawat
Jeruk lemon ternyata mampu menghilangkan jerawat kecil. Caranya, dengan mencampurkan sari lemon dengan air secukupnya. Setelah sari lemon tersebut larut di dalam air oleskan campuran lemon dengan menggunakan kapas ke permukaan jerawat. Diamkan selama 15 menit atau hingga benar-benar kering. Selain dioleskan air perasan lemon ini tentunya bisa diminum. Tentunya selain membugarkan tubuh juga mencegah dan mengobati jerawat dari dalam tubuh.

2. Menghilangkan bintik hitam dan flek
Selain menghilangkan jerawat, jus lemon dapat menghilangkan bintik hitam dan flek di kulit wajah. Caranya dengan mengoleskan jus lemon di atas permukaan kulit yang terdapat bintik hitam ataupun flek. Hal ini dilakukan karena lemon memiliki zat yang mampu mencerahkan warna kulit dan mengurangi terbentuknya flek hitam. Dengan kata lain lemon pun berfungsi sebagai cairan pembersih dan penyegar wajah.

3. Menghilangkan bekas jerawat
Sobat unik meskipun ukurannya kecil tapi manfaat lemon bagi kecantikan besar sekali. Cairan lemon ini mampu menghilangkan bekas jerawat yang terdapat di wajah. Caranya pun mudah yakni dengan menggosokan daging buah lemon secara perlahan ke bagian bekas jerawat kemudian biarkan selama 10 menit. Lakukan secara rutin maka kulit wajah akan  terlihat segar tanpa luka bekas jerawat.

4. Mencerahkan kulit
Seperti yang disebutkan sebelumnya lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Karenanya banyak obat kosmetik pemutih kulit yang berbahan dasar lemon. Namun kosmetik pemutih kulit cukup mahal harganya. Untuk mencerahkan kulit bisa dilakukan dengan membasuhkan air campuran lemon ke wajah. Campur perasan lemon dengan air sama seperti cara diatas, lalu diamkan selama 25 menit. Dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk menghilangkan bekas luka iritasi kulit, hanya perlu menambahkan sedikit madu.

5. Merawat kuku
Selain mengandung vitamin C yang tinggi, lemon pun memiliki protein dan keratin tinggi sebagai zat yang dibutuhkan untuk menyehatkan dan menguatkan kuku. Caranya cukup mudah, tuangkan air perasan lemon kedalam semua mangkuk. Kemudian masukan jari-jari ke dalamnya selama 15 menit. Setelah merasa cukup, cucilah sampai bersih hingga jari sonik tidak berasa asam

Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Reporter : Niken Paramita Wulandari

Siapa saja yang telah kami angkat untuk mengerjakan suatu pekerjaan/jabatan kemudian kami telah memberikan gaji, maka sesuatu yang diterima di luar gajinya yang sah adalah ghulul (korupsi)((HR. Bukhari))

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

10 Tips Tetap Nikmati Liburan dengan Diabetes (3-Habis)

Posted: 03 Feb 2013 04:31 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Liburan pastinya sangat  menyulitkan bagi anda yang menderita penyakit diabetes. Pasalnya, anda akan dikelilingi oleh aneka menu makanan yang sejatinya tak boleh anda makan. 

Untuk sebagian orang, makanan-makanan itu mungkin hanya berpengaruh menaikkan  berat badan. Namun, bagi penderita diabetes, makanan itu bisa menjadi masalah yang sangat serius. 

Berikut adalah 10 tips untuk membantu penderita diabetes tetap menikmati liburannya sembari menjaga penyakitnya, dikutip dari SymptomFind, Senin (4/2).

7. Makan teratur

Tip ini sejalan dengan makan dalam porsi yang kecil. Untuk alasan yang sama, makan secara teratur dan makan dalam porsi kecil akan membantu menjaga gula darah anda berfluktuasi. 

Melewatkan jam makan berarti anda membiarkan penurunan gula darah terlalu rendah, ini juga tak baik bagi penderita diabetes. Penderita diabetes perlu memastikan bahwa mereka makan secara teratur.

8. Memberitahu keluarga dan teman

Penderita diabetes harus memastikan bahwa keluarga dan teman-temannya menyadari kebutuhan khusus mereka yang sedang menderita diabetes. Ini adalah cara keluarga dan teman-teman dapat yakin bahwa ada makanan yang tepat tersedia untuk penderita diabetes. 

Ini juga memungkinkan keluarga dan teman-teman anda bisa mengontrol penyakit anda. Hal ini harus anda sampaikan beberapa hari sebelum liburan.

9. Hindari alkohol

Penderita diabetes biasanya disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol. Alasan untuk ini adalah kadar gula darah dan efek alkohol. Minuman beralkohol dapat menyebabkan gula darah rendah. Jadi, jika seseorang akan minum alkohol, mereka harus memastikan bahwa mereka tidak menderita diabetes.

10. Kendalikan diri

Menjadi sehat berarti anda harus mengontrol diabetes anda. Sebaiknya anda berolahraga secara teratur, dan tahu kapan harus berkata 'tidak' jika ditawari berbagai hal, misalnya makanan manis, yang berpotensi meningkatkan kadar gula darah anda. 

Hal terbaik untuk membantu penderita diabetes tetap bisa menikmati liburannya adalah mampu mengurus dirinya sendiri terlebih dahulu.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan