Isnin, 28 Januari 2013

Republika Online

Republika Online


Bagini Cara Mengatasi Jetlag (2)

Posted: 28 Jan 2013 07:13 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Salah satu hal paling ditakuti saat bepergian, untuk perjalanan bisnis atau sekadar liburan, adalah jetlag. Jetlag menyebabkan jadwal istirahat anda berantakan, apalagi jika Anda bepergian ke wilayah dengan zona waktu berbeda dari tempat Anda biasa berada.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jetlag adalah gangguan sementara yang dialami wisatawan udara yang melintasi zona waktu penerbangan. Bagaimana cara mengatasi jetlag? Berikut sembilan tipsnya, dikutip dari SymptomFind, Selasa (29/1).

4. Hindari alkohol dan kafein

Minum alkohol atau kafein memang sangat menggoda di penerbangan panjang. Namun, ini bisa merusak jadwal tidur anda setelah anda mendarat. Kafein hanya membuat Anda lebih sulit tertidur ketika anda benar-benar perlu tidur. Alkohol memang membuat anda terlelap. Namun, itu akan membuat Anda merasa lelah setelah bangun.

5. Terapi cahaya

Terapi cahaya adalah cara bagus untuk menyesuaikan jadwal tidur Anda. Misalnya, di penginapan, Anda mengatur cahaya kamar Anda secerah apa. Apakah Anda ingin lampu tetap dinyalakan? Atau Anda ingin semua lampu dimatikan? Aturlah pencahayaan sama atau minimal menyerupai tempat tinggal Anda. Ini juga membantu Anda sembuh dari jetlag.

6. Adaptasi dengan jadwal lokal

Setelah mendarat, hal paling penting adalah sesuaikan waktu Anda dengan jadwal lokal. Misalnya mengatur arloji Anda ke waktu setempat, apakah cepat satu jam? Atau dua jam? Berikutnya, biasakan diri Anda melakukan pekerjaan sehari-hari sesuai waktu setempat. Misalnya, jadwal makan dan jadwal tidurnya. Semakin cepat Anda beradaptasi dengan zona waktu lokal, maka semakin cepat Anda sembuh dari jetlag.

Bersambung ke bagian 3..

Begini Cara Mengatasi Jetlag (1)

Posted: 28 Jan 2013 06:10 PM PST

[unable to retrieve full-text content]REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Salah satu hal yang paling ditakuti saat bepergian, baik untuk perjalanan bisnis atau sekadar liburan, adalah jetlag. Jetlag menyebabkan jadwal istirahat Anda berantakan, apalagi jika Anda...

Tiada ulasan:

Catat Ulasan