Isnin, 28 Januari 2013

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Iran mengorbitkan monyet ke antariksa

Posted: 28 Jan 2013 07:49 PM PST

Teheran (ANTARA News) - Iran membuat langkah pertama untuk mengirimkan manusia ke ruang angkasa dengan mengorbitkan seekor monyet ke antariksa dan membawanya kembali ke Bumi dengan data-data lingkungan.

Saat mengumumkan kesuksesan peluncuran misi tersebut pada Senin, Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi mengatakan The Explorer Pioneer berhasil menyelesaikan misi pada orbit dengan ketinggian 120 kilometer.

Menurut dia, biokapsul yang membawa monyet tersebut telah kembali ke Bumi dengan selamat dengan kecepatan sesuai rencana.

"Mengirim Explorer dan mengembalikannya adalah langkah pertama untuk mengirimkan manusia ke antariksa pada tahap selanjutnya," kata Vahidi seperti dikutip Kantor Berita Fars.

Iran, lanjut dia, selanjutnya akan meresmikan markas observasi ruang angkasa.

Menurut Organisasi Industri Antariksa Kementerian Pertahanan Iran, pengiriman kera ke ruang angkasa dilakukan menggunakan roket Pishgam (Pioneer), yang juga membawa kembali muatan hidup itu ke Bumi.

Pada pertengahan Maret 2011, Badan Antariksa Iran mengumumkan peluncuran roket Kavoshgar-4 yang membawa kapsul percobaan yang dirancang memuat kera.

Iran sudah mengirimkan binatang-binatang kecil ke ruang angkasa, termasuk tikus, kura-kura, dan cacing dengan kapsul yang dibawa roket Kavoshgar-3 pada 2010.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad pada 2010 mengumumkan rencana Iran untuk mengirimkan astronot ke ruang angkasa pada 2024. Namun setelah kajian dalam pertemuan kabinet rencana peluncuran itu dipercepat lima tahun.

(ANT)

Harga minyak naik tipis

Posted: 28 Jan 2013 07:46 PM PST

Singapura (ANTARA News) - Harga minyak naik di perdagangan Asia, Selasa, di tengah optimisme data barang tahan lama AS dan kekhawatiran geopolitik di Mesir dan Aljazair, kata para analis.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Maret naik 20 sen menjadi 96,64 dolar AS per barel dan minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Maret naik 12 sen ke posisi 113,60 dolar.

"Beberapa data positif dari AS dan gejolak geopolitik di Mesir dan Aljazair memberikan dukungan terhadap harga minyak," kata Victor Shum, managing director IHS Purvin and Gertz di Singapura.

Pesanan untuk barang-barang tahan lama seperti kendaraan, komputer dan mesin naik 4,6 persen pada Desember dibanding bulan sebelumnya, yang ditopang oleh melonjaknya pesanan pesawat komersial, data menunjukkan Senin.

Ini adalah kenaikan ke tujuh dalam delapan bulan terakhir dan lebih baik dari prediksi analis terjadi kenaikan 1,6 persen, ditambah dengan lambannya perbaikan data ekonomi terbesar dan juga konsumen minyak terbesar di dunia.

Sementara itu juga dipicu oleh bentrokan di jalanan yang mencengkeram Mesir yang berlangsung untuk hari ke lima berturut-turut pada Senin serta pernyataan Presiden Mohamed Morsi tentang keadaan darurat sebulan.

Di Aljazair, dua penjaga keamanan tewas melindungi jaringan pipa gas dan tujuh lainnya terluka Senin dalam serangan baru oleh kelompok militan Islam tenggara dari ibukota Aljier.

Serangan terjadi hampir dua minggu setelah serangan mematikan di pabrik gas di Gurun Sahara, Aljazair selatan dalam pengepungan untuk melepaskan para sandera yang berakhir dengan kematian hampir 40 tawanan, yang sebagian besar orang asing.
(S004)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan