Rabu, 7 November 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Suriah dan Sikap Obama Terhadapnya

Posted: 07 Nov 2012 07:06 AM PST

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, diperkirakan akan mengambil sikap yang lebih tegas terkait konflik yang terjadi di Suriah. Obama diprediksi akan bekerja sama dengan Negara Teluk untuk dapat menyelesaikan konflik berkepanjangan yang terjadi di Suriah.

Hal tersebut dikatakan oleh mantan menteri pertahanan AS, William Cohen. "Dalam pandangan saya, sekarang ia akan lebih tegas kepada Suriah. Saya pikir dia akan meminta Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan negara  teluk lainnya untuk membantunya menyelesaikan konflik tersebut," ujar Cohen seperti dikutip Arabian Business, Rabu (7/11/2012).

"Dunia internasional akan menekannya untuk berbuat lebih dari sebelumnya. Saya kira selama ini ia bersikap hati-hati untuk tidak terlihat mau memulai perang baru di kawasan Timur Tengah", tambah Cohen.

Pada Agustus, Obama meminta Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mundur dari jabatannya. "Ia telah menangkap, menyiksa dan membunuh warganya sendiri, untuk kepentingan warga Suriah sudah saatnya Presiden Assad untuk mundur," ucap Obama dalam pernyataannya.

Sikap Obama tersebut diutarakannya kembali pada saat ia berhadapan dengan kandidat presiden dari Partai republik Mitt Romney dalam debat pilpres AS. Dalam debat terus Obama menyatakan bahwa rezim Assad akan berakhir sebentar lagi.(faj)

Bebas Hisap Ganja untuk Washington dan Colorado

Posted: 07 Nov 2012 05:34 AM PST

WASHINGTON - Wilayah Washington dan Colorado di Amerika Serikat (AS) akhirnya melegalisasi ganja untuk penggunaan kesehatan. Kedua negara bagian menjadi yang pertama yang membolehkan penggunaan ganja secara legal untuk warganya.

Legalisasi ganja ini diumumkan pertama oleh pendukung amandemen ini. Mereka memenangkan legalisasi itu dengan mendapatkan dukungan 53 persen suara, sementara penentang aturan ini mendapatkan dukungan 47 persen suara.

"Colorado tidak akan lagi mendorong warga untuk mengkonsumsi alkohol dan orang dewasa akan bebas untuk menggunakan mariyuana (ganja), bagi yang membutuhkannya. Kami akan lingkungan masyarakat dengan aturan baru ini," ujar pendukung legalisasi ganja di Colorado Mason Tvert, seperti dikutip Associated Press, Rabu (7/11/2012).

Sementara di Washington, pendukung legalisasi ganja mendapatkan dukungan suara hingga 55 persen, sementara 44 persen lainnya menolak diakuinya legalisasi tersebut. Lembaga Drug Policy Alliance menilai legalisasi ini merupakan refleksi dari dukungan nasional mengenai pengaturan peredaran ganja.

Hasil di Colorodo dan Washington menyebabkan kedua negara bagian itu memiliki konflik dengan pemerintah pusat. Selama ini, Pemerintah Federal AS memiliki komitmen untuk memberantas ganja, karena dianggap sebagai ilegal.(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan