Rabu, 19 September 2012

Republika Online

Republika Online


Olahraga Bikin Anak Pintar di Sekolah Lho..

Posted: 19 Sep 2012 05:06 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Orang tua mana yang tak ingin anaknya giat belajar dan lebih baik saat sekolah. Semua orang tua pasti ingin anaknya seperti itu. Bagi anda para orang tua, tidak ada salahnya mengajarkan anak anda untuk rajin olahraga. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics Adolescent Medicine menunjukkan olahraga dapat mendukung akademis anak anda selama di sekolah.

Amika Singh, salah satu peneliti mengatakan temuan itu bisa menjadi sumber rujukan bagi sekolah agar seimbang antara aktivitas akademik maupun olahraga. Hal yang sama bisa diterapkan di rumah.

''Olahraga itu bisa berupa berdiri setiap setengah jam di kelas dan melakukan sesuatu,'' kata Singh, peneliti dari Universitas Pusat Medis Amsterdam. Tak hanya itu, olahraga juga bisa dilakukan melalui bersepeda saat berangkat ke sekolah. Aktivitas tersebut tak hanya terbatas pada aktivitas jasmani yang standar.

Singh dan rekannya melakukan penelitian ini pada anak-anak. Anak-anak itu diuji kemampuan Matematika, bahasa, pemikiran umum dan tes memori. Hasil penelitian tersebut menunjukkan anak yang berolahraga lebih lama memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Laporan dari Amerika Serikat juga menunjukkan hal yang sama. Siswa kelas dua dan tiga yang mendapat 90 menit tambahan olahraga per minggunya meraih nilai lebih baik dibandingkan yang tidak. Mereka mampu meraih skor tes ejaan membaca dan Matemaika lebih baik dibandingkan yang tidak berolahraga. Itu mungkin karena anak-anak bisa berkonsentrasi lebih baik saat mereka cukup berolahraga.

Selain itu, dengan adanya aktivitas fisik maka aliran darah ke otak akan meningkat sehingga suasana hati juga akan baik. Asosiasi Jantung Amerika menyarankan agar pendidikan jasmani dilakukan selama 2,5 jam dalam seminggu. Sementara itu, istirahat juga tetap dibutuhkan. Istirahat perlu dilakukan anak-anak selama 20 menit setiap harinya.

Tidak Bahagia? Coba Enam Cara Ini

Posted: 19 Sep 2012 08:26 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak ingin hidup bahagia. Tentunya setiap orang pasti ingin mendapatkannya. Kebahagiaan itu tidak melulu bisa didapat dari kesenangan materi. Karena kebahagiaan itu tidak bisa dibeli. Kebahagiaan untuk mendapat materi hanya akan menjebak anda kepada sikap depresi dan egois. Lantas bagaimana cara memperoleh kebahagiaan abadi?

Kunci utamanya adalah murah hati, dan semangat. Selain itu, anda harus fokus pada apa yang Anda miliki bukan pada apa yang tidak Anda miliki. Berikut adalah cara untuk mendapat kebahgiaan seperti dikutip dari realage:

1. Jadilah Seorang Relawan
Luangkanlah sedikit waktu anda secara sukarela untuk menjadi relawan di sebuah sekolah, perpustakaan, rumah sakit, atau organisasi lainnya. Penelitian telah menunjukkan dengan bekerja seperti ini, anda akan hidup lebih lama dan lebih muda. Itu akan membuat Anda lebih bahagia.

2. Bersyukur atas apa yang anda miliki.
Bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan dan hargai ciptaannya.

3. Jalin pertemanan
Jalin hubungan baik dengan teman anda. Kesehatan dan berteman adalah prediktor terkuat dari kebahagiaan. Dapatkan itu semua dengan membangun sistem pertemanan.

4. Buatlah makan malam sehat bersama keluarga anda.

Hal ini dapat meningkatkan kebahagiaan Anda. Ada dua manfaat dari itu. Pertama, anda dapat mengurangi makanan penyebab kegemukan seperti lemak dan gula. Kedua, dengan makan malam sehat bersama maka ada ikatan antar anggota keluarga.

5. Berpetualang.

Luangkanlah waktu anda untuk sekedar refreshing dan berpetualang. Waktu dan uang dihabiskan untuk melakukan sesuatu yang membawa kebahagiaan akan jauh lebih baik ketimbang dihabiskan untuk mendapatkan sesuatu.

6. Keintiman
Kebahagiaan bisa di dapat dari keintiman. Sebuah obrolan dengan seorang teman, pelukan, dan semangat bersama adalah segala bentuk keintiman.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan