Khamis, 1 Mac 2012

Republika Online

Republika Online


Koleksi Kartu Basket Josemaru

Posted: 01 Mar 2012 08:18 PM PST

SPORTKU.COM - Koleksi kartu basket Josemaru. Jose yang menyukai kartu basket sejak kelas 3 SMP ini, pada awalnya mengaku terpengaruh dari teman untuk ikut mengoleksi kartu kartu basket. Saat itu hampir semua anak di sekolahnya senang dengan kartu basket. Selain itu, kartu basket juga gampang didapatkan melalui beberapa mall di Jakarta.

Jose bersama temannya Andrian Mulyadi mulai mengkoleksi kartu Pippen dan Jordan sejak tahun 1990-an. Hobi yang disenangi Jose ini sempat terhenti ketika tragedi krisis moneter 1998 terjadi. Krismon membuat Jose berhenti total dari dunia perkartu-basketan.

Setelah lewatnya peristiwa krisis moneter di tahun 1998, Jose mencoba kembali serius terjun ke dunia kolektor kartu basket, dan mulai lagi melengkapi koleksi kartu-kartu basketnya pada akhir tahun 2009.

Awal kembali terjun ke dunia kolektor adalah saat Jose diajak untuk menemani sahabat baiknya Andrian Mulyadi bertransaksi kartu Michael Jordan dengan Anton [anggota IBCC]. Walaupun tujuan awal Jose cuma menemani Andrian, Jose malah jadi ikutan membeli kartu basket dari Anton. Sejak saat itu, akhirnya Jose terkena racun untuk kembali mengoleksi kartu basket sampai saat ini.

Jose sendiri menyukai gaya permainan Pippen karena ia bisa melakukan apa saja mulai dari steal, block, passing ke Jordan, memberi assist yang bagus, maupun scoring. "Pippen merupakan pemain dengan skill yang lengkap," ujar Jose.

Dari [kurang lebih] 1000 kartu Pippen yang Jose kumpulkan, ada tiga kartu yang menjadi favoritnya [foto 2]:

  1. Pippen USA Auto keluaran Panini. Kartu ini merupakan satu-satunya kartu Pippen USA yang memiliki autograph. Harganya sekitar $600 [foto 5]
  2. Pippen Auto Skybox tahun 1996 [kartu keluaran Skybox pertama kali]. Jose menyukai kartu ini karena modelnya yang cukup simple. Harganya sekitar $500 [foto 6].
  3. Pippen Exquisite Auto Patch 2004 [foto 4]. Kartu ini menjadi kartu paling favorit milik Jose dan merupakan jenis kartu keluaran exquisite yang paling Jose suka. Kartu ini merupakan kartu termahal yang pernah Jose miliki. Harganya sudah naik menjadi $700 saat ini [beruntung dulu Jose mendapatkannya dengan harga $400].

Jose juga bercerita bahwa sampai saat ini masih banyak kartu Pippen yang belum ia miliki karena alasan budget keuangan dalam membeli kartu. Namun Jose sendiri juga tidak berkeinginan untuk menjadi super kolektor kartu Pippen [alias mempunyai semua kartu Pippen yang pernah dicetak].

Jose sendiri merasa masih harus banyak belajar untuk menjadi kolektor terbaik. Biasanya sebelum Jose membeli kartu, ia selalu berkonsultasi dengan temannya di Australia, yang mempunyai hampir semua kartu Pippen [sudah bisa dikategorikan sebagai super kolektor].

Kisaran harga kartu Pippen sendiri bisa bernilai mulai dari Rp 5,000 sampai dengan $1000 untuk kartu jenis Auto. Jose mengaku bahwa harga kartu Pippen tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan kartu lain, khususnya Jordan [kira-kira harga kartu Pippen cuma bernilai 1/4 dari harga kartu Jordan].

Jose telah merogoh koceknya sampai sekitar Rp 100 juta untuk membeli kartu-kartu basket. Jose rela menghabiskan 3/4 dari gaji bulanannya untuk membeli kartu basket.

Keluarga Jose sebenarnya tahu tentang hobinya dalam mengkoleksi kartu basket, namun sampai sekarang ia tidak memberi tahu tentang nominal uang yang telah ia keluarkan untuk membeli kartu basket [Jose tidak mau membuat keluarganya kaget]. Lantas bagaimana kalau keluarga Jose sampai mengetahuinya? "Paling saya dikatain bego karena membeli kertas sampai jutaan rupiah," ujar Jose penuh canda.

Jose berikrar untuk terus mengkoleksi kartu Pippen sampai ia tidak berpenghasilan lagi. "Kalau saya dipecat dari kantor, maka saya akan berhenti mengkoleksi kartu basket. Kalau dipecat kan gak dapet duit, jadi saya ga bisa beli kartu basket," kilah Jose.

Dari banyaknya kartu yang Jose kumpulkan, ada tiga kartu favorit yang dimiliki Jose, dari urutan ke tiga, ada pippen USA, yaitu satu satunya pippen USA yang ada autonya dan harganya $500. Yang kedua Jose menyukai auto pippen dari skybox keluaran pertama kali, Jose menyukai karena modelnya simple, dan keluaran skybox pertama kali, dan harganya kisaran $600. Kartu vaforit terakhir yang Jose suka dari Chicago Bulls karena ada patches dan autonya, dan kartu ini keluaran exquisite yang saya paling suka, ini harganya $700.

Koleksi Kartu Basket Josemaru

Koleksi Kartu Basket Josemaru

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Kartu favorit Josemaru

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Kartu favorit Josemaru

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Jose lebih suka sidekick ketimbang pemeran utama

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Jose lebih suka sidekick ketimbang pemeran utama

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Exqusite Auto Patch Pippen Chicago Bulls 2004 dan 2005

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Exqusite Auto Patch Pippen Chicago Bulls 2004 dan 2005

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Pippen USA Auto

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Pippen USA Auto

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Kartu keluaran Sky Box tahun 1996

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Kartu keluaran Sky Box tahun 1996

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Pippen Skybox

Koleksi Kartu Basket Josemaru - Pippen Skybox

Ibu Hamil Dapat Vaksin Flu, Berat Badan Bayi Naik

Posted: 01 Mar 2012 05:04 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Ibu hamil yang diberi vaksin anti-influenza kecil kemungkinannya melahirkan bayi yang berat badannya di bawah normal. Dalam penelitian yang dilakukan di Bangladesh, sebanyak 340 ibu hamil ditetapkan secara acak untuk diberi vaksin flu atau vaksin lainnya. Jika periode setelah vaksinasi itu mencakup musim flu, bayi-bayi baru lahir itu beratnya hampir sama, apapun jenis vaksin yang diperoleh ibu mereka.

Tetapi, penulis penelitian Mark Steinhoff dari Rumah Sakit Anak-anak di Cincinatti, Ohio, mengatakan bahwa semasa musim influenza, perempuan yang memperoleh vaksin flu, jumlah yang terserang flu kurang separuh dari mereka yang memperoleh vaksin lain, dan bayi-bayi mereka lahir dengan berat badan yang sehat.

"Jika ibunya memperoleh vaksin itu dan terkena influenza, berat badan bayinya 200 gram lebih banyak - 3,1 kilogram dibanding 2,9 kilogram. Itu adalah peningkatan substansial dalam berat badan sewaktu lahir," ujarnya.

Steinhoff mengatakan sudah diketahui bahwa kelahiran dengan berat badan di bawah normal, berdampak seumur hidup.

"Jika terjadi penurunan berat badan setelah lahir pada bayi yang sehat, semakin berkurang beratnya, semakin besar kemungkinan bayi itu, pada usia  dewasa, mengalami gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung," ujarnya lagi.

Steinhoff mengatakan ia dan rekan-rekannya adalah yang pertama mengidentifikasi kaitan antara vaksinasi flu dan berat badan saat lahir, tetapi empat penelitian lain sejak itu memperoleh temuan serupa. Kendati demikian, mengapa seorang ibu yang sakit flu melahirkan bayi yang berat badannya di bawah normal, masih belum jelas.

Steinhoof mengatakan, "Tetapi secara umum, jika ibu hamil terkena flu – dan penyakit itu berlangsung selama seminggu, delapan hari, atau sepuluh hari – pertumbuhan bayinya tidak begitu baik dalam kurun waktu itu dan mungkin akhirnya lahir agak kurang gizi."

Mark Steinhoff dari Rumah Sakit Anak-anak di Cincinnati menekankan bahwa vaksin influenza aman bagi ibu dan bayi, dan merupakan salah satu dari segelintir vaksin yang bisa diberikan kepada ibu hamil yang akan melindungi ibu dan bayinya. Makalah Steinhoff itu dimuat dalam Canadian Medical Association Journal.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan