Ahad, 24 Julai 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Kerawang, Kain Cantik Khas Gorontalo

Posted: 24 Jul 2011 12:48 AM PDT

Lifestyle » Trend and Fashion » Kerawang, Kain Cantik Khas Gorontalo
Minggu, 24 Juli 2011 - 14:48 wib

Pasha Ernowo - Okezone

BICARA kain kerajinan, Jawa punya batik, Palembang miliki songket, Gorontalo pun tak mau kalah. Provinsi ini punya sulaman kain Kerawang. Adakah kaitannya dengan Karawang, Jawa Barat?

Ternyata, kerawang yang dimaksud itu berasal dari kata "Karawo" yang artinya sulaman dengan tangan. Kerajinan ini berkembang sejak lama dan kini sudah menjadi sentra kerajinan khas Gorontalo. Bahkan sulaman kain kerawang kerap dijadikan baju seragam para jemaah haji dari Gorontalo.

Proses membuat sulaman kain kerawang cukup rumit. Terlebih dulu membuat desain sulaman di kertas milimeter blok. Kernudian, kain dipotong sesuai ukuran. Lapisan kain dibuka benang-benangnya untuk ruang sulaman. Ukurannya sesuai jenis kain yang dipakai dan besar motifnya. Setelah itu kain langsung disulam.

Sulaman berbagai bentuk diburat dengan menggunakan alat pamedangan, silet, gunting, dan benang bermacam warna. Motif sulaman bermacam, terutama aneka bunga dan hewan seperti tulip, mawar, dan kupu-kupu. Ada juga motif lambang perusahaan sesuai pesanan konsumen.

Sehelai sulaman kain kerawang rampung selama satu minggu hingga satu bulan bahkan lebih. Lama pengerjaan sesuai dengan jenis kain, benang, dan motifnya. Kain berkualitas terbaik dengan menggunakan benang emas dan motif yang rumit memerlukan waktu lebih lama. Harganya juga sangat bervariasi. Untuk kain dan baju perempuan mulai Rp125 ribu sampai Rp250 ribu, terutama yang menggunakan benang emas. Sedangkan untuk baju pria, terdiri dari jas wool seharga Rp400 ribu, jas biasa Rp150 ribu, dan kemeja antara Rp50 ribu sampai Rp75 ribu.

Selain sulaman kain dan baju, dihasilkan pula berbagai macam barang yang dihiasi sulaman kain kerawang, seperti tas, sapu tangan, dasi, kopiah, taplak meja, sprei, tatakan gelas, topi bahan rotan, mukena, dan kipas. Semuanya bisa jadi oleh-oleh menarik sepulang dari Gorontalo.

(ftr) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

200 Siswa Prasejahtera Dapat Beasiswa Big Brother

Posted: 24 Jul 2011 12:41 AM PDT

JAKARTA - Sebanyak 200 siswa berprestasi dari keluarga prasejahtera mendapatkan beasiswa penuh selama tiga tahun. Para siswa yang menerima beasiswa berasal dari 39 Sekolah Dasar (SD) dari seluruh Jabodetabek ini telah melalui seleksi terlebih dahulu.

Bertepatan dengan  Hari Anak Nasional, para siswa menerima beasiswa di acara peresmian penyaluran beasiswa di Museum PP-IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu 23 Juli.

Berbeda dari program beasiswa pada umumnya, program beasiswa hasil kerja sama Bank HSBC dan Putera Sampoerna Foundation  ini, tidak hanya beasiswa yang diberikan kepada para siswa, tetapi juga, para karyawan HSBC akan memantau perkembangan para siswa  secara langsung sebagai kakak asuh.

"Berdasarkan hal tersebut maka program beasiswa ini dinamakan Big Brother Scholarship," tulis siaran pers yang diterima okezone Minggu (24/7/2011).

Mengenai program ini, Direktur Teknologi Informasi dan Operasional HSBC Jeffrey Cheung mengatakan, beasiswa Big Brother merupakan bntuk kepedulian HSBC terhadap dunia pendidikan di Tanah Air, "Tidak hanya bantuan dana semata, tetapi juga bimbingan secara aktif oleh karyawan kami," kata Jeffrey.

Dengan demikian, lanjut Jeffrey, tidak hanya penerima beasiswa yang mendapat manfaat, tetapi karyawan HSBC dapat berkontribusi secara langsung kepada masyarakat. "Dengan kata lain kegiatan Coorporate Social Responsibility (CSR) di HSBC juga dimiliki oleh seluruh karyawan," Jeffrey mengimbuhkan.

Dia menambahkan, dilatarbelakangi  data Kementrian Pendididkan Nasional (Kemendiknas) tahun 2009 yang menyebutkan sekitar 14.341 anak putus sekolah karena alasan keterbatasan ekonomi, berdasarkan hal tersebut pula HSBC dan Putera Sampoerna Foundation mengambil inisiatif  untuk mengembalikan anak putus sekolah ke bangku pendidikan.

Senada dengan Jeffrey, Managing Director Putera Sampoerna Foundation Nenny Soemawinata mengatakan,  kerjasama dengan HSBC ini merupakan tindakan nyata untuk anak-anak prasejahtera yang berprestasi guna mendapatkan pendidikan yang layak.

"Pengembangan pendidikan di Indonesia tidak hanya tanggung Jawab pemerintah, namun tanggung jawab semua pihak. Melalui program ini kami bersama HSBC turut berkontribusi terhadap pendididkan di Tanah Air," kata Nenny.

Dia berharap, dengan adanya program beasiswa ini, tidak hanya para siswa dan karyawan HSBC saja yang mendapat menfaatnya. "Tetapi juga dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan swasta lainnya untuk turuk andil menciptakan calon pemimpin masa depan Indonesia," ujar Nenny.(ahm)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan