Sabtu, 16 Julai 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Mahfud MD Yakin Demokrat Tak Akan Lindungi Andi Nurpati

Posted: 16 Jul 2011 01:06 AM PDT

© 2007 - 2011 okezone.com, All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0264 seconds Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Disertasi Busyro Hegemoni Rezim Intelijen Dijadikan Buku

Posted: 16 Jul 2011 01:02 AM PDT

YOGYAKARTA- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqaddas meluncurkan sebuah buku berjudul Hegemoni Rezim Intelijen. Buku ini merupakan disertasi atau karya ilmiah Busyro untuk tugas akhir program doktor di Universitas Islam Indonesia (UII).

Di dalamnya, Busyro mengupas sisi gelap peradilan kasus Komando Jihad, khususnya mengenai kasus peradilan Ja'far Umar Thalib, tokoh Laskar Komando Jihad dalam kerusuhan Ambon.

Menurut Busyro, terdapat skenario yang kental sekali mengenai Komando Jihad. Hal ini dimulai dengan membuat isu mengenai komunisme yang mengancam Indonesia sehingga diperlukan organisasi Komando Jihad di mana isu ini didesain oleh Ali Moertopo.

"Penelusuran saya ke Bumiayu dan ke Brebes (Jawa Tengah) berhari-hari itu memperkuat data yang saya miliki. Bagaimana Ali Moertopo datang ke beberapa masjid. Ini undebatable dan membawa isu-isu tadi," jelas mantan Ketua Komisi Yudisial ini, Sabtu (16/7/2011).

Sementara itu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropiyono mengaku sudah membaca tuntas buku tersebut. Dia mengaku mendapat banyak hal baru setelah membaca buku tersebut.

Mengomentari isi buku, Hendro mengakui ada campur tangan intelijen yang berlebihan pada rezim Soeharto. Namun dia menegaskan intelijen tidak pernah membuat gerakan yang merusak.

"Semboyan intel itu ialah cepat dan jujur. Jika ada yang membuat kerusuhan, maka itu bukan intel, tetapi gerombolan liar," tegasnya.

(Mahadevi/Trijaya/ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan