Isnin, 18 Julai 2011

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Indobatt Gelar Mobil Pintar untuk Anak Lebanon

Posted: 18 Jul 2011 06:47 AM PDT

Unifil Force Commander Mayor Jenderal Alberto Asarta Cuevas (tengah) didampingi sejumlah perwira Satgas Yonmek Konga XXIII-E atau Indonesian Battalion (Indobatt) di Lebanon Selatan. (PUSPEN TNI/Sertu Marinir Kuwadi)

Berita Terkait

Surabaya (ANTARA News) - Prajurit Satuann Tugas Batalyon Mekanis (Satgas Yonmek) Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesia Battalion (Indobatt) dari Seksi CIMIC (Civilian Military Coordination) menggelar mobil pintar (smart car) untuk menumbuhkan keceriaan anak-anak Lebanon.

Perwira Penerangan (Papen) Indobatt, Mayor Psk Banu Kusworo, kepada ANTARA News melalui surat elektronik dari Lebanon, Senin, melaporkan mobil pintar tersebut merupakan sarana komunikasi untuk memulihkan keceriaan anak-anak Lebanon di sekitar Area Of Responsibility (AOR).

"Usia anak-anak adalah masa yang terindah untuk bermain dan bergembira. Namun, keceriaan seperti itu belum tentu bisa dirasakan oleh semua anak-anak di beberapa belahan dunia, seperti di wilayah Lebanon yang tengah mengalami konflik tak berkesudahan dengan Israel," katanya.

Menyikapi hal itu, personel Indobatt CIMIC mengoptimalkan fungsi mobil pintar di wilayah Huseiniah, Al-Qusayr, Lebanon Selatan, pada 17 Juli 2011, dan kegiatan itu berhasil menyedot perhatian puluhan anak-anak Lebanon usia bawah lima tahun (balita) hingga 11 tahun.

Pada kesempatan tersebut, personel CIMIC yang merupakan gabungan dari Tim CIMIC Kompi Charlie pimpinan Komandan Kompi (Danki) Charlie, Kapten Marinir Budi Wijani dan Tim CIMIC Markas Batalyon pimpinan Kepala Seksi (Kasi) CIMIC, Mayor Arh Sukma Yudha, menggelar berbagai lomba.

Lomba yang digelar, menurut dia, antara lain lomba mewarnai, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba kecepatan membawa sendok berisi kelereng yang diletakkan di mulut, lomba balap karung, dan lomba joget berpasangan sambil menghimpit bola.

Para pemenang lomba permainan tersebut mendapatkan hadiah mainan berupa boneka, mobil-mobilan, dan alat tulis untuk sekolah.

"Keceriaan anak-anak Lebanon bersama Tim CIMIC Indobatt sangat jelas tergambar di wajah mereka," kata Mukhtar (kepala pemerintahan) wilayah Huseiniah, Sulaiman, kepada Kasi CIMIC, Mayor Arh Sukma Yudha.

Anak-anak Lebanon Selatan juga sangat mengenal bahwa Satgas Yonmek Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL berasal dari Indonesia.

Hal itu terbukti dengan penampilan salah satu bocah Lebanon bernama Ali yang dengan lancar menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Persembahan lagu ini dinyanyikannya sebagai tanda rasa terima kasih mereka atas pelaksanaan program mobil pintar (smart car) yang telah digelar di wilayah tersebut.

"Smart car memang dimaksudkan sebagai sarana kontak dan jalinan komunikasi atas keberadaan Indobatt di tengah-tengah masyarakat Lebanon Selatan," kata Komandan INDOBATT, Letkol Inf Hendy Antariksa.

Didampingi Wadan Letkol Mar Harnoko, ia mengatakan kegiatan sosial berupa mobil pintar juga diharapkan bisa menghibur masyarakat, terutama anak-anak, sehingga bisa menghilangkan trauma dari konflik yang berkepanjangan.

Sebelumnya (16/7), Wakil Komandan Indobatt, Letkol Mar Harnoko, mewakili Komandan Indobatt, Letkol Inf Hendy Antariksa, menghadiri upacara peringatan Hari Angkatan Laut Spanyol, di Kompi Marinir Spanyol US POSN 9-66, Marjayoun, Lebanon Selatan. (*)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bakti Sosial AL Indonesia-Singapura

Posted: 18 Jul 2011 06:40 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Singapura (Republic of Singapore Navy/RSN) mengadakan bakti sosial di Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sie Beduk, Kota Batam.

Bakti sosial itu dibuka Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguskamlabar), Laksamana Pertama TNI D.A. Mamahit, di kantor kelurahan setempat, Senin.

Kegiatan itu merupakan bagian dari latihan rutin bersama AL kedua negara dengan melibatkan sejumlah tenaga medis dan para medis untuk pelayanan kesehatan dan bakti sosial di kelurahan tersebut.

Bakti sosial bertema "Indonesia Singapura Bhakti Sosial" (ISBS) 2011 itu dikoordinasikan oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kolonel Laut (P) Iwan Isnurwanto yang sehari-harinya menjabat Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam.

"Rencananya, kegiatan dimulai tanggal 18 sampai tanggal 20 Juli 2011 dengan melibatkan tenaga medis dari TNI AL dan RSN yang bekerja sama dengan Pemkot Batam," kata Mamahit.

Ia mengatakan, kegiatan ISBS itu merupakan salah satu tindak lanjut dari kegiatan "patroli terkoordinasi antara Indonesia dengan Singapura" (Patkor Indosin) antara angkatan laut kedua negara.

"Latihan bersama di laut dilaksanakan di perbatasan laut Indonesia-Singapura, sedangkan kegiatan di darat melalui bakti sosial," ujarnya.

Kegiatan bakti sosial meliputi pelayanan kesehatan umum dan gigi serta pemberian bantuan peralatan olah raga, buku paket untuk berapa sekolah dan sejumlah komputer serta peralatan jaket pengaman 100 buah. .

Untuk mendukung kegiatan tersebut, RSN mengikutsertakan satu kapal perangnya yaitu RSS Independence-87 dan 16 personel tenaga medis dan para medis.

Selanjutnya, mereka bergabung dengan tenaga medis dan para medis dari TNI AL dan Pemkot Batam.
(T.R018/E011)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan