Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Turki Desak Khadafi untuk Mundur

Posted: 03 May 2011 06:05 AM PDT

ANKARA - Perdana Menteri (PM) Turki mendesak pemimpin Libya Muammar Khadafi harus mundur secepat mungkin dari jabatannya. Selama ini Khadafi tidak mengindahkan desakan dunia yang menginginkannya turun.


"Khadafi terus menepis desakan untuk perubahan di Libya. Dirinya lebih memilih pertumpahan darah dan air mata terhadap rakyatnya sendiri," ungkap PM Turki Recep Tayyip Erdogan seperti dikutip Associated Press, Selasa (3/5/2011).


Desakan PM Erdogan ini bisa dikatakan sebuah pernyataan keras yang ditujukan kepada Khadafi. Sebelumnya Turki selama ini meminta Khadafi untuk mundur dengan cara yang halus. 


Bulan lalu Erdogan mengusulkan peta perdamaian bagi Libya. Dirinya mendesak pasukan Khadafi untuk ditarik dari kota yang direbut oleh pasukan Khadafi. Erdogan juga meminta bantuan kemanusiaan untuk diturunkan ke wilayah Libya. 


Turki sementara menutup kedutaan besar mereka di Tripoli akibat tingkat keamanan yang makin menurun. Staf dari kedutaan mereka bahkan sudah diungsikan ke Tunisia.


Selama ini Turki menentang pengerahan militer di Libya. Namun pihaknya menilai tanggung jawabnya sebagai anggota North Atlantic Treaty Organization (NATO), membuat mereka menyetujui sanksi embargo militer kepada Libya.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Curiga Teroris, 5 Orang Ditangkap di PLTN Inggris

Posted: 03 May 2011 05:01 AM PDT

LONDON - Lima orang ditangkap atas tuduhan hendak melakukan tindakan teror di sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Inggris. 


Seperti dilansir CNN, Selasa (3/5/2011), kelimanya ditangkap dalam sebuah mobil yang hendak mendekati fasilitas nuklir di West Cumbria, Inggris. 


Tersangka yang rata-rata berusia 20 tahun dan berasal dari London, ditangkap setelah petugas polisi dari satuan pengamanan nuklir setempat, menghentikan mobil tersebut. Polisi langsung melakukan pemeriksaan dari mobil yang ditumpangi oleh kelima orang tersebut.


Para tersangka saat ini ditahan oleh polisi di Carlisle dan kemudian dipindahkan ke Manchester untuk penyelidikan lebih lanjut. 


Pengamanan di sekitar lokasi penangkapan juga langsung diperketat saat penangkapan berlangsung. Proses keamanan di negara-negara barat memang langsung diperketat setelah pemimpin jaringan teroris Al Qaeda Osama bin Laden tewas di tangan pasukan Amerika Serikat (AS).


Dikhawatirkan, kematian Bin Laden dapat meningkatkan ancaman teroris mengingat kemungkinan aksi balas dendam pihak teroris atas kematian Bin Laden.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan